Dijual Lebih Mahal, Ini Perbedaan Yamaha Aerox Turbo dari Versi Sebelumnya

Yamaha Aerox Alpha Turbo
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Indra Nugraha

VIVA – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akhirnya meluncurkan Yamaha Aerox Alpha Turbo, Rabu 18 Desember 2024. Menggunakan mesin dan teknologi yang serupa dengan Yamaha NMAX Turbo.

Yamaha Aerox Alpha Turbo Resmi Meluncur dengan Tampilan dan Mesin Baru, Harga Mulai Rp29 Jutaan

Yamaha Aerox baru ditawarkan 4 varian, yaitu Standard dengan harga Rp29,900 juta yang tersedia dalam warna silver yellow, matte blue, red, dan black. Untuk tipe ini mesin masih sama dengan versi sebelumnya.

Kemudian tipe lain yang tidak disematkan teknologi turbo adalah CyberCity yang dilego Rp33,990 juta dengan pilihan warna cybercity, dan matte blue yellow.

Yamaha Aerox Baru Meluncur Besok di Indonesia, Siap-siap Tendang Pintu!

Ketiga Aerox Turbo seharga Rp39,550 juta dengan satu warna, yaitu matte dark grey, dan keempat atau varian tertinggi Turbo Ultimate yang dibanderol Rp41,730 juta dengan warna serupa namun dilengkapi damper.

Semua varian tersebut secara desain berubah dari versi sebelumnya, lampunya menjadi lebih sipit, dan terlihat lancip seperti R1M. Semua penerangannya sudah LED, dan untuk tipe Turbo lampu utama sudah projector LED.

6 Hari Lagi Yamaha Luncurkan Motor Baru di Indonesia, Aerox Turbo?

Tidak ketinggalan panel instrument full digital TFT dengan pilihan 3 warna sebagai latar belakangnya, dan bisa terhubung dengan smartphone melalui Yamaa Connect, selain itu kini pengereman belakang sudah disk brake.

Oleh sebab itu harganya menjadi lebih mahal. Untuk versi sebelumnya Aerox tersedia 3 varian, yang paling mahal Connected ABS Rp32,115 juta tersedia dalam warna prestige silver, dan maxi signature.

Sedangkan CyberCity hanya Rp28,530 juta dan hanya tersedia satu warna, yaitu cybercity livery. Lalu varian termurah ada tipe Standard Rp28,330 juta dengan warna dull blue orange, silver cyan, metallic red, black grey.

Soal dapur pacunya versi sebelumnya menggendong mesin bensin satu silinder berkapasitas 155cc SOHC berpendingin cairan dengan volume silinder 58 mili meter, dan langkah 58,7 mm, dan kompresi ruang bakarnya 11,6 banding satu.

Bermodal spesifikasi tersebut enjin dengan sistem pengabutan injeksi yang didukung teknologi VVA (Variable Valve Actuaction) itu bisa menyemburkan tenaga maksimal 15,4 PS di 8.000 rpm, dan torsi 13,9 Nm di 6.500 rpm.

Sedangkan untuk Aerox baru meski secara kompresi, dan volume silinder sama, namun torsinya lebih besar, yaitu menjadi 14,2 Nm di 8.000 rpm, meski putaran mesinnya lebih tinggi tapi tenaganya tetap sama dengan sebelumnya.

Terkecuali Aerox Alpha Turbo yang menggunakan teknologi NMAX Turbo, di mana sistem transmisinya yang disebut Y-ECVT tidak lagi menggunakan roller, sehingga pulley depan diatur secara elektrik melalui dinamo.

Cara kerja transmisi matik elektrik mirip perpindahan gigi di motor manual. Terbagi menjadi 3 tingkatan yang bisa diatur secara manual melalui tombol Turbo Y-Shift, yaitu low, medium, dan high.

Kemudian terdapat dua mode berkendara untuk memaksimalkan tenaga, atau fungsi YECVT. T-Mode sendiri memiliki karakter berkendara yang lebih smooth, sementara S-Mode membuat feeling akselerasi menjadi lebih agresif.

Yamaha Aerox Alpha Turbo

Spesifikasi Lengkap Yamaha Aerox Alpha yang Kini Pakai Teknologi Turbo

PT Yamaha Indonesia Motor Mfg. (YIMM) resmi menghadirkan Aerox generasi ketiga yang kini dinamai Yamaha Aerox Alpha.

img_title
VIVA.co.id
19 Desember 2024