6 Hari Lagi Yamaha Luncurkan Motor Baru di Indonesia, Aerox Turbo?
- VIVA.co.id
VIVA – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan meluncurkan motor baru dalam waktu 6 hari ke depan. Ada dugaan produk anyar yang akan dirilis adalah All New Yamaha Aerox Turbo.
Sebab setelah Yamaha NMAX Turbo hadir di Indonesia, motor matik lain yang masuk keluarga maxi menjadi perbincangan hangat akan menggunakan teknologi serupa, salah satu kandidat terkuatnya Aerox.
Memang tidak dijelaskan secara detil produk baru yang akan dirilis pekan depan, melalui undangan resminya yang diterima Viva Otomotif, produsen berlogo garpu tala itu hanya menjelaskan akan menggelar pertemuan kepada media terkait produk.
"Kami PT Yamaha Indonesia Motor Mfg., ingin mengundang rekan-rekan media untuk dapat berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Yamaha Product Press Conference yang akan dilaksanakan pada, Rabu 18 Desember 2024," tulis keterangannya, dikutip, Kamis 12 Desember 2024.
Sebelumnya, Greatbikers dan beberapa influencer sepeda motor sudah membahas terkait hadirnya Aerox Turbo, bahkan sempat muncul desain tampang depannya yang dibuat lebih sporty dengan lampu utama lebih sipit.
Adapun teknologi yang disematkan pada All New NMAX hingga ada embel-embel turbo dibelakangnya dikarenakan teknologi pada sistem transmisi matiknya. Tidak lagi pakai roller, sehingga pulley depan digerakkan secara elektrik melalui dinamo, dan teknologi itu disebut Y-ECVT.
Berkat teknologi itu cara kerja pulley membuka, dan menutup ruang untuk mengendurkan, atau mengencangkan vanbelt sangat spontan. Maka tidak heran jika sabuk tersebut dibuat lebih lebar agar lebih kuat.
Vanbelt yang digunakan pada NMAX Turbo secara dimensi lebih lebar 0,8 mili meter dari NMAX non turbo seperti tipe Neo, Aerox, atau Lexi LX 155. Cara kerja transmisi matik elektrik mirip perpindahan gigi di motor manual.
Terbagi menjadi 3 tingkatan yang bisa diatur secara manual melalui tombol Turbo Y-Shift, yaitu low, medium, dan high. Kemudian terdapat dua mode berkendara untuk memaksimalkan tenaga, atau fungsi YECVT.
T-Mode sendiri memiliki karakter berkendara yang lebih smooth, sementara S-Mode membuat feeling akselerasi menjadi lebih agresif. Adapun ketika pengguna memindahkan mode dari T ke S saat sedang berkendara konstan, maka rpm motor akan naik 500–1.000 rpm.
Jantung pacunya, motor matik terbaru Yamaha itu serupa dengan Lexi LX 155 sehingga torsinya ada sedikit peningkatan. Mesin satu silinder SOHC 155cc itu dilengkapi 4 katup, dan kompresi ruang bakarnya 11,6 banding satu.
Cukup padat untuk enjin motor matik, dengan ukuran piston 58 mili meter, dan langkah stroke-nya 58,7 mm, dan tetap mempertahankan sistem buka tutup katup dari bantuan VVA (Variable Valves Actuation).
Tenaga yang dihasilkan dari mesin injeksi tersebut 15,1 dk di 8.000 rpm, dan torsi 14,2 Nm di 6.500 rpm, artinya di atas kertas performa NMAX Turbo tidak ada perbedaan dengan Lexi LX.