Bocoran Yamaha Aerox Turbo yang Kabarnya Meluncur Tahun Depan

Dugaan tampilan Yamaha Aerox Turbo
Sumber :
  • Greatbiker

VIVA – Sudah cukup lama rumor terkait kehadiran All New Yamaha Aerox Turbo yang memanfaatkan teknologi Yamaha Electronic Countinously Variable Transmission, atau Y-ECVT seperti halnya NMAX Turbo.

Saking Sayangnya, Cara Pemilik Aerox Melindungi Motornya Bikin Tepok Jidat

Mengingat motor yang masuk keluarga maxi itu masih satu platform, maka tidak menutup kemungkinan jika PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) akan menyematkan teknologi itu di model lain.

Yamaha Aerox 155

Photo :
  • VIVA.co.id
Gantengnya Motor Baru Honda Bergaya Scrambler


Berdasarkan laporan Greatbikers, Rabu 4 Desember 2024, All New Yamaha Aerox Turbo kabarnya akan meluncur tahun depan, diberitakan juga foto terkait perkiraan desain dari motor matik tersebut.

Bocorannya pabrikan berlogo garpu tala itu akan membuat tampilan Aerox baru menjadi lebih futuristis dengan garis serba tajam di bagian depan, dan lampu utama yang lebih sipit dengan pencahayaan LED.

Perang Honda PCX dan Yamaha NMax di Pasar Motor Bekas, Mana Lebih Laris?

Seperti diketahui, NMAX Turbo tidak lagi menggunakan roller, sehingga pulley depan digerakkan secara elektrik melalui dinamo, dan teknologi itu disebut Y-ECVT.

Berkat teknologi itu cara kerja pulley membuka, dan menutup ruang untuk mengendurkan, atau mengencangkan vanbelt sangat spontan. Maka tidak heran jika sabuk tersebut dibuat lebih lebar agar lebih kuat.

Vanbelt yang digunakan pada NMAX Turbo secara dimensi lebih lebar 0,8 mili meter dari NMAX non turbo seperti tipe Neo, Aerox, atau Lexi LX 155. Cara kerja transmisi matik elektrik mirip perpindahan gigi di motor manual.

Terbagi menjadi 3 tingkatan yang bisa diatur secara manual melalui tombol Turbo Y-Shift, yaitu low, medium, dan high. Kemudian terdapat dua mode berkendara untuk memaksimalkan tenaga, atau fungsi YECVT.

T-Mode sendiri memiliki karakter berkendara yang lebih smooth, sementara S-Mode membuat feeling akselerasi menjadi lebih agresif. Adapun ketika pengguna memindahkan mode dari T ke S saat sedang berkendara konstan, maka rpm motor akan naik 500–1.000 rpm.

Jantung pacunya, motor matik terbaru Yamaha itu serupa dengan Lexi LX 155 sehingga torsinya ada sedikit peningkatan. Mesin satu silinder SOHC 155cc itu dilengkapi 4 katup, dan kompresi ruang bakarnya 11,6 banding satu.

Mesin baru pada Yamaha Nmax Turbo

Photo :
  • VIVA/Muhammad Indra Nugraha

Cukup padat untuk enjin motor matik, dengan ukuran piston 58 mili meter, dan langkah stroke-nya 58,7 mm, dan tetap mempertahankan sistem buka tutup katup dari bantuan VVA (Variable Valves Actuation).

Tenaga yang dihasilkan dari mesin injeksi tersebut 15,1 dk di 8.000 rpm, dan torsi 14,2 Nm di 6.500 rpm, artinya di atas kertas performa NMAX Turbo tidak ada perbedaan dengan Lexi LX. Selain enjin, Yamaha Aerox Turbo kabarnya akan mendapatkan fitur-fitur baru.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya