Cara Federal Oil Menjamin Kemampuan Mekanik Motor di Bengkel Umum
- Jeffry Yanto Sudibyo
VIVA – Setiap motor membutuhkan perawatan sesuai rekomendasi pabrikan agar kondisinya tetap prima. Selain mengganti oli mesin secara rutin, pergantian spare part dibutuhkan jika fungsinya sudah tidak maksimal.
Untuk periksa kondisi motor, mengganti suku cadang, membersihkan sistem pengabutan, dan beberapa hal lainnya, pengguna perlu datang ke bengkel resmi, atau umum yang memperkerjakan tenaga ahli, atau biasa disebut mekanik.
Mekanik, atau teknisi di bengkel umum, tentunya perlu pengetahuan lebih karena harus paham dengan semua jenis motor dari berbagai brand, termasuk teknologi masa kini. Berbeda dengan bengkel resmi yang fokus pada satu brand.
Kinerja dari seorang mekanik yang menentukan kepuasan pelanggan. Maka tidak heran jika beberapa bengkel punya pelanggan tetap, karena salah satu faktor yang membuat pengguna motor itu balik lagi karena kemampuan teknisinya.
Untuk mendapatkan mekanik handal, PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) sebagai produsen, Federal Oil kembali memberikan pelatihan khusus mekanik dari ribuan bengkel umum, yang sudah menjalin kerjasama dengan merek pelumas lokal tersebut.
Ribuan mekanik dari berbagai daerah yang sudah mengikuti pelatihan itu kemudian mengikuti kontes ketrampilan secara internal, dan dinilai dari pihak penyelenggara, di mana pemenangnya diumumkan di Grand Final - Federal Oil Mechanic Contest & Certification 2024 di Atria Hotel Gading Serpong, pada Selasa, 29 Oktober 2024.
Program tahunan Mechanic Training & Contest yang berjalan sejak 2017 lalu, selain menyaring mekanik terbaik, merek oli itu memberikan pengetahuan dasar bagi para mekanik soal perawatan motor, terutama buatan brand Jepang yang telah menggunakan teknologi terbaru.
B2C Sales Director PT EMLI, Herry Hambali, mengatakan, kegiatan ini sejalan dengan
kampanye brand, yaitu 'pasti makin nyaman' dan merupakan bentuk komitmen untuk dapat
meningkatkan kualitas, dan kompetensi mekanik.
"Karena mekanik memiliki peranan penting dalam
memberikan rekomendasi pelumas yang tepat dan membuat kenyamanan bagi para konsumen," ujar Hambali.
Sesi Grand Final ini menjaring 20 finalis mekanik terbaik dari ribuan peserta yang diambil dari
berbagai daerah untuk menentukan juara yang berhak membawa pulang hadiah utama, yaitu satu unit motor.
Federal Oil bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) untuk menerbitkan sertifikat profesi kepada para finalis yang lolos ke tahap final, serta 200 mekanik terpilih lainnya melalui agenda pelatihan, dan penilaian dengan kriteria yang ditentukan.
Market Development General Manager PT EMLI, Rommy Averdy, mengatakan, tentunya dengan menghadirkan mekanik yang andal dan kompeten di Federal Oil Center, dapat meningkatkan kepercayaan, dan kenyamanan.
"Sehingga konsumen diharapkan menjadi loyal terhadap produk Federal Oil dan bengkel, dan didukung juga dengan program-program dari marketing yang diharapkan dapat meningkatkan konsumen ke bengkel, seperti program yang sedang berjalan saat ini, yaitu Nyaman Berhadiah 2024," kata Averdy.