Penjualan Motor di Indonesia Tetap Meningkat Meski Ekonomi Lesu

Pameran motor IMOS
Sumber :
  • Seven Event

Jakarta, VIVA – Meskipun kondisi ekonomi Indonesia sedang mengalami tantangan dan ketidakpastian, penjualan sepeda motor nasional justru menunjukkan peningkatan.

Keseriusan Motor Listrik China Jadi Sorotan AISI

Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) menyebutkan pasar sepeda motor di Inodnesia mengalami peningkatan sebesar 3,1 persen periode Januari-Agustus 2024.

"Tahun ini, penjualan (motor) year-on-year (tahun ke tahun) tembus 4,34 juta pada kondisi ekonomi yang tidak mudah," ujar Johannes Loman selaku Ketua Umum AISI dikutip VIVA di Jakarta.

AISI Lihat Masyarakat Belum Percaya Penuh dengan Motor Listrik karena Hal Ini

Menurutnya, hal tersebut merupakan pertanda baik yang menunjukkan bahwa sepeda motor masih menjadi moda transportasi efisien dan terjangkau untuk masyarakat.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa pertumbuhan di pasar roda dua ini juga bisa didorong dengan adanya pameran-pameran otomotif di Indonesia.

Alasan Motor Listrik China Belum Jadi Anggota AISI

Booth Honda di IMOS 2023

Photo :
  • Arianti Widya

Untuk diketahui, Indonesia sebentar lagi akan menyelenggarakan pameran khusus roda dua, yakni Indonesia Motorcycle Show (IMOS) yang siap berlangsung pada 30 Oktober hingga 3 November 2024 mendatang.

"Kami berharap pameran juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan penjualan sepeda motor sehingga bisa mencapai target AISI 6,35 juta hingga 6,45 juta (unit)," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sigit Kumala selaku Ketua Bidang Komersial AISI mengungkapkan bahwa pihaknya berharap akan ada ratusan ribu masyarakat yang mengunjungi pameran IMOS 2024.

"Kami mengincar 100.000 pengunjung karena tahun lalu sudah ada 95.000. Kita berharap bisa lebih," kata Sigit.

Adapun dalam pameran otomotif, umumnya setiap pabrikan akan menghadirkan ragam promo menarik yang membuat masyarakat tertarik untuk membeli sehingga mendorong daya beli konsumen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya