Pertamina Bikin Ruang Sejarah MotoGP di Sirkuit Mandalika

Museum MotoGP di sirkuit Mandalika
Sumber :
  • Arianti Widya

Nusa Tenggara Barat, VIVA – Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat menjadi tempat berlangsungnya ajang balap bertaraf internasional, yakni MotoGP. Saat ini, MotoGP Mandalika akan memulai jadwal balapnya hari ini setelah mengikuti rangkaian kualifikasi dan sprint race.

Tak Cuma Kondisi Motor, Ini Kunci Sukses Tim Pertamina Enduro VR46

Untuk diketahui, MotoGP Mandalika telah memasuki tahun ketiga dan ada hal yang terbaru serta menarik untuk 2024 ini, yaitu hadirnya museum MotoGP pertama di dunia, bernama Pertamina MotoGP Experience Gallery.

Museum ini baru saja diresmikan pada Sabtu, 28 September 2024 oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) Emma Sri Martini dan Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Ari Respati.

Mengintip Paddock Tim Pertamina Enduro VR46 di Sirkuit Mandalika

Museum MotoGP di sirkuit Mandalika

Photo :
  • Arianti Widya

Fadjar Djoko Santoso selaku VP Corporate Communication Pertamina menyampaikan bahwa museum ini dibangun untuk menampilkan sejarah panjang partisipasi Indonesia dan Pertamina dalam ajang balap motor paling bergengsi di dunia.

Kecelakaan Terus, Jorge Martin: Ada yang Aneh di Tikungan 16 Sirkuit Mandalika

"Tahun ini, Pertamina memiliki Pertamina MotoGP Experience Gallery yang bekerja sama dengan ITDC. Ini bertujuan untuk menceritakan atau menggambarkan perjalanan MotoGP dan dukungan Pertamina terhadap olahraga otomotif dari tahun 60-an hingga saat ini," ujarnya dikutip VIVA di Sirkuit Mandalika, Lombok.

Fadjar pun menjelaskan di dalam museum tersebut menghadirkan memorabilia MotoGP, berupa sejarah-sejarah dari barang-barang pembalap. Ada juga poster pembalap yang langsung dikirim oleh Dorna.

"Jadi itu otentik sekali, perlengkapan yang pernah dikenakan oleh pembalap MotoGP ada di sana, seperti baju balap, sepatu balap, dan banyak lainnya. Semuanya dikirim oleh Dorna," katanya.

Tak hanya dukungan terhadap MotoGP, hadirnya Pertamina MotoGP Experience Gallery juga sebagai sarana informasi dan edukasi bagi masyarakat yang ingin mengetahui perjalanan panjang Indonesia dalam olahraga otomotif.

"Bagi masyarakat yang ingin tahu lebih banyak tentang bagaimana perkembangan dan dukungan Pertamina terhadap olahraga otomotif di Tanah Air bisa langsung melihat museum ini, masuknya gratis," jelas Fadjar.

Untuk diketahui, Pertamina MotoGP Experience Gallery terdiri dari dua bangunan utama, yakni north gallery dan south gallery.

Pada north gallery berisikan memorabilia atribut pembalap MotoGP seperti baju balap, helm balap, pad kaki dan sikut, hingga visior motor balap. Semua atribut tersebut didukung oleh pihak Dorna.

Di Pertamina MotoGP Experience Gallery, pengunjung bisa mengetahui tentang budaya dan keanekaragaman hayati yang berada di sekitar sirkuit Mandalika. Kemudian, pengunjung bisa mengintip keseruan dibalik garasi pembalap.

Selain itu, Pertamina juga membuka official merchandise store dalam museum MotoGP tersebut.

Ada juga, permainan interaktif untuk anak-anak dan replika motor balap mini milik Tim Pertamina Enduro VR46.

"Di berbagai negara, event MotoGP memberikan dampak ekonomi dan multiplier effect, termasuk Indonesia. Sebagai BUMN, Pertamina mendukung acara internasional ini agar bisa memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat, termasuk pelaku UMKM. Selain itu, Pertamina Grand Prix of Indonesia mendorong nama Pertamina lebih mendunia," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya