Honda Luncurkan Motor Baru di Indonesia, Harganya Lebih Mahal dari Fortuner

Honda CBR1000RR-R Fireblade
Sumber :
  • PT Astra Honda Motor

VIVA – PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda CBR1000RR-R Fireblade di Indonesia. Motor supersport dengan status impor tersebut mendapartkan sejumlah penyegaran, dan harganya lebih mahal dari Fortuner.

Honda CBR1000RR-R Fireblade Terbaru Meluncur di Indonesia, Harganya Rp798 juta

Honda CBR1000RR-R Fireblade baru tetap mempertahankan filosofi ‘Total Contro’l yang telah menjadi ciri khasnya, dipadukan dengan perubahan desain, dan teknis yang meningkatkan performa serta kenyamanan.

Teknologi mesin, fitur, dan sasis diadopsi dari ajang balap MotoGP, seperti throttle by wire, pilihan mode berkendara, sistem pengereman, serta teknologi suspensi dihasilkan dari pengalaman di atas sirkuit.

Mobil Terbang Ini Laku Ribuan Unit, Ada yang Harganya Setara Fortuner

Sehingga memastikan pengalaman berkendara yang mendekati sensasi melaju di lintasan balap, namun legal di jalan raya.

Dari sektor aerodinamika ditingkatkan melalui winglet baru untuk menghasilkan downforce lebih besar. Hal ini meningkatkan stabilitas pengereman serta memberikan grip yang lebih konsisten pada bagian depan terutama saat bermanuver di kecepatan tinggi.

Jangan Kaget Nanti Ada Pembalap Pakai Motor Listrik Honda di MotoGP Mandalika 2024

Jantung pacunya mengandalkan mesin 4 silinder bensin segaris, DOHC berkapasitas 999,9cc dengan diameter piston 81 mili meter, dan stroke 48,5 mm, serupa dengan motor balap Honda RC213V di MotoGP.

Tenaga yang dihasilkan dari enjin barunya tersebut mencapai 214,5 dk di 14.000 rpm, dan torsi 113 Nm di 12.000 rpm. Didukung dua motor penggerak throttle by wire terbaru sehingga memberikan respon lebih presisi saat engine brake, atau berakselerasi.

Dilengkapi mode berkendara yang baru, yaitu Sport, Track,dan Standard. Pada sektor kaki-kaki, suspense depan dan belakang baru lansiran Showa yang bisa diatur, pengeremannya mengandalkan kaliper Nissin dengan carkam berukuran besar, dilengkapi ABS.

Pada bagian bodi, desain fairing barunya mampu mengurangi aliran udara di sekitar ban belakang, yang berdampak positif pada peningkatan handling motor di berbagai situasi berkendara.

Bentuk fairing tersebut mencerminkan motor balap sejati, memberikan kestabilan lebih baik di kecepatan tinggi serta mengurangi hambatan angin, baik saat akselerasi maupun menikung. 

Selai itu tangki uga telah diubah bentuknya agar lebih ergonomis, memungkinkan pengendara mendapatkan cengkeraman lutut yang lebih baik dan meningkatkan kapasitas bahan bakar.

Direktur Marketing AHM Octavianus Dwi, mengatakan, peluncuran CBR1000RR-R Fireblade terbaru ini merupakan wujud komitmen perusahaan dalam menghadirkan produk berperforma tinggi, dan teknologi terkini.

”Berbagai ubahan terbaru kami yakini dapat memberikan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dan menantang, baik di jalan raya maupun sirkuit,” ujar Octa, dikutip dari keterangannya, Jumat 27 September 2024.

Bermodal sejumlah perubahan tersebut, Honda CBR1000RR-R Fireblade dibanderol Rp798 juta on the road, artinya lebih mahal dari Toyota Fortuner tipe tertinggi yang saat ini dilego Rp766,700 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya