Orang Kaya Merapat, Kawasaki Rilis Motor Spesial Seharga Mobil
- Paultan.org
VIVA – Kawasaki menjadi salah satu brand Jepang yang cukup fokus pada segmen motor sport, naked, dan bergaya retro. Untuk model klasik yang mereka lahirkan sudah ada beberapa jenis dengan kelas berbeda-beda.
Di kelas premium, motor retro racikannya ada Kawasaki Z900RS, dalam kondisi standar moge tersebut sudah masuk pasar Indonesia dengan status CBU (Completely Built Up) yang hadir dalam 7 varian.
Harganya mulai dari Rp330,800 juta tipe Z900RS standar, sampai Rp343,200 juta tipe Z900RS Café, di mana terdapat fairing, atau cover lampu depan dengan beberapa pilihan warna, dan grafis.
Kawasaki Z900RS memiliki desain timeless dengan bodywork minimalis, dan menegaskan kesan retro yang terisnpirasi dari gaya café racer, terutama buntut tawon di bagian belakang meski konfigurasi jok bisa buat penumpang.
Meski mengusung gaya retro, unsur moderen tetap tertanam seperti lampu utama LED, velg alloy model palang dengan pengereman cakram ganda di depan yang didukung kaliper besar, dan belakang cakram tunggal.
Memiliki mesin bensin empat silinder segaris, berpendingin cairan, dan dilengkapi assist and slipper clutch untuk mempermudah pengendara saat memindahkan gigi di transmisi manualnya, layiknya teknolgi di MotoGP.
Knalpot dua lubang dibalut bahan stainless krom. Suspensi depan upside down berkelir hitam di semua varian, dipadukan dengan lengan ayun berukuran besar, dan monoshock belakang.
Sementara di Malaysia, moge tersebut ditawarkan dalam edisi spesial yang resmi dirilis baru-baru ini dengan nama Kawasaki Z900RS SE, seperti dilansir Paultan.org, Selasa 24 September 2024.
Motor bergaya retro itu mendapatkan sejumlah peningkatan dibandingkan edisi standar. Pertama dari sisi pengereman depan mengandalkan kaliper Brembo M4.32 atau empat piston.
Kedua monoshock belakang sudah lansiran Ohlins tipe S46 yang dilengkapi berbagai pengaturan sehingga bisa disesuaikan tingkat kenyamanan pengguna, dan upsidedown depan tabungnya dibuat warna emas.
Moge dengan bobot 215 kilogram itu secara powertrain tidak ada perbedaan, hanya perpaduan warna luar,dan seperangkat komponennya saja ditingkatkan. Dibalut velg 17 inci dengan ban 120/70 depan, dan belakang 180/55.
Enjinnya masih sama yang dapat menyemburkan tenaga maksimal 111 dk di 8.500 rpm, dan torsi 98,5 Nm di 6.500 rpm. Tersedia dalam warna metallic flat spark black, atau ,etallic matte carbon grey yang dibanderol 73.700 ringgit, atau setara Rp267,873 juta.
Artinya lebih murah dari versi standar di Indonesia, namun sebagai catatan harga itu masih off the road, belum termasuk surat-surat. Artinya banderol moge baru Kawasaki itu setara mobil Honda BR-V, Toyota Veloz, atau Rush. Cocok buat sulta yang ingin tampil klasik, tapi tetap memacu adrenalin berkat tenaganya yang buas.