Honda CB1000 Hornet Akhirnya Masuk Jalur Produksi
- Motorcycle
Jakarta, VIVA – Tahun lalu di pameran otomotif EICMA, Honda mengumumkan CB1000 Hornet sebagai model baru yang, diposisikan sebagai unggulan untuk seluruh rangkaian motor naked di atas CB750 dan CB500.
Dilansir VIVA dari laman motorcycle pada 23 September 2024, sejak ajang tersebut berlangsung, tidak ada kabar lanjutan mengenai CB1000 Hornet.
Meskipun dijanjikan sebagai model tahun 2024, Hornet 999cc Inline-Four tersebut belum juga hadir di pasaran.
Namun belakangan ini, Honda CB1000 telah muncul dalam dokumen persetujuan tipe di Jerman, bersamaan dengan varian CB1000SP yang belum diumumkan. Kedua varian ini tercatat telah memenuhi standar Euro5+.
CB1000 tercatat memiliki output maksimum 112 kW (150 hp), yang sesuai dengan pernyataan Honda di EICMA, saat menyebutkan output lebih dari 110 kW daya puncak dan lebih dari 100 Nm torsi
Varian CB1000SP tampaknya lebih bertenaga, dengan sertifikasi output 116 kW, yang setara dengan 155 hp.
Ini menjadikan kedua model tersebut sebagai motor terkuat kedua dan ketiga di jajaran motor Honda, hanya di bawah CBR1000RR.
Meskipun masih tertinggal dari pesaing potensial seperti Yamaha MT-10 dan MT-10 SP, yang masing-masing mengklaim 118 kW dan 122 kW.
Dengan asumsi detail yang diumumkan Honda di EICMA masih berlaku, CB1000 Hornet reguler akan memiliki suspensi belakang dari Showa.
Jika Honda mengikuti jejak Yamaha, kita mungkin melihat suspensi kelas lebih tinggi, bahkan mungkin suspensi semi-aktif elektronik seperti pada MT-10 SP.
Rem dengan kaliber lebih tinggi juga mungkin menjadi opsi, sebagai peningkatan dari rem empat piston radial-mount Nissin pada Hornet reguler.
Kemudian, ada kemungkinan perubahan yang lebih signifikan, seperti versi dengan fairing atau sebagian ber-fairing.
Kemungkinan motor ini juga akan dibekali dengan E-clutch tetapi tampaknya kecil kemungkinannya untuk model unggulan performa tinggi dalam jajaran streetfighter Honda.