Enea Bastianini soal Kemenangan Kontroversialnya: Itu Satu-satunya Kalahkan Martin

Pertarungan Jorge Martin dan Enea Bastianini di MotoGP Emilia Romagna 2024
Sumber :
  • MotoGP

Jakarta, VIVA –  Enea Bastianini menjadi sorotan usai kemenangan kontroversial di ajang MotoGP Emilia Romagna, Minggu 22 September 2024. Pembalap Ducati itu mengungkapkan bahwa yang dilakukannya adalah satu-satunya cara kalahkan Jorge Martin.

Murkanya Jorge Martin Usai Senggolan Bastianini Bikin Gagal Juarai MotoGP Emilia Romagna

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Misano, Martin memimpin jalannya balapan dan terus dibuntuti Bastianini. Hingga akhirnya di lap akhir, Bastianini menempatkan motor Ducati pabrikannya ke bagian dalam Martin di tikungan 4.

Gerakan agresifnya tersebut membuat keduanya bersenggolan sedikit dan membuat pembalap Pramac Racing itu keluar jalur. Steward MotoGP tidak mengambil tindakan lebih lanjut terkait insiden tersebut.

Klasemen MotoGP 2024: Bagnaia Tertinggal Jauh dari Martin di Posisi 1, Bastianini Depak Marquez

Insiden Enea Bastianini dengan Jorge Martin

Photo :
  • Tangkapan Layar

Akhirnya Bastianini keluar sebagai pemenangnya, dan Martin harus puas meraih podium kedua dengan selisih waktu 5 detik. Bastianini menilai overtake tersebut menjadi satu-satunya cara untuk mengalahkan Martin.

Target Marc Marquez di MotoGP Emilia Romagna 2024

“Overtake ini sangat sulit, tetapi ketika Anda memiliki kesempatan untuk memenangkan balapan, Anda harus melakukannya,” katanya. Anda harus masuk. Ya, itu sedikit di batas tetapi pada akhirnya itu adalah satu-satunya pilihan karena tanpa kemungkinan ini mustahil bagi saya karena di lintasan lainnya [Martin] sangat bagus dan merupakan satu-satunya kemungkinan bagi saya," ucap Bastianini, dikutip dari Crash, Senin 23 September 2024.

Pembalap Ducati, Enea Bastianini

Photo :
  • Ducati Corse

"Mungkin itu satu-satunya kesempatan bagi saya, karena di sektor nomor tiga dari exit tikungan 10 dia sangat kuat. Saya tidak tahu mengapa, tetapi di akhir lintasan lurus yang panjang, saya selalu tertinggal 0,2 detik, 0,3 detik [di belakang]. Itulah satu-satunya kesempatan untuk mencoba memenangkan balapan," lanjutnya.

Kemenangan ini membuat Bastianini naik ke posisi tiga klasemen sementara dengan 282 poin, sekaligus mendepak Marc Marquez ke posisi empat. Sedangkan Martin masih mantap di puncak klasemen dengan 341 poin, atau unggul 24 poin dari Francesco Bagnaia di posisi dua.

Marc Marquez

Marc Marquez Kesal Bastianini Tak Diinvestigasi MotoGP Usai Menang Kontroversial

Marc Marquez ikut mengomentari insiden yang terjadi antara Jorge Martin dan Enea Bastianini pada balapan MotoGP Emilia Romagna 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 September 2024