Segini Harga Baterai Motor listrik Polytron

Booth Polytron di GIIAS 2024
Sumber :
  • Polytron

Jakarta, VIVA – Polytron telah melebarkan sayap untuk memasuki segmen kendaraan listrik di pasar otomotif nasional, dengan menghadirkan motor listrik untuk konsumen Indonesia.

Terpopuler: Kuota Motor Listrik Habis, Toyota Fortuner Baru

Tak hanya satu, Polytron telah menghadirkan tiga motor sekaligus, yakni Fox R, Fox S, dan yang terbaru Fox 500. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam, mulai dari Rp20 jutaan - Rp40 jutaan.

Untuk diketahui, produsen motor listrik ini menggunakan skema sewa baterai untuk semua konsumennya. Nantinya, para pelanggan ini perlu membayar biaya sewa untuk setiap bulannya, sekitar Rp200 ribuan.

Kuota 2024 Habis, Luhut Pastikan Subsidi Motor Listrik Lanjut di Era Prabowo

Sistem tersebut pun diklaim bisa membuat harga motor lebih murah dan konsumen tidak perlu memikirkan soal kesehatan baterai yang menurun, karena bisa ditukar dengan yang baru.

Berkaitan denga baterai motor listrik, Polytron menggunakan baterai Lithium Ferro Phosphate (LFP), yang diklaim lebih aman dibandingkan baterai varian lain.

Kuota Subsidi Motor Listrik 2024 Sudah Habis

Polytron Fox 500

Photo :
  • Arianti Widya

"Dari development awal, salah satu alasan kenapa kita menggunakan baterai LFP,  kalau amit-amit baterai (motor listrik Polytron) mengalami kendala, tidak akan menimbulkan api. Tapi sejauh ini, tidak ada kejadian tersebut di produk kita," ujar Ilman Fachrian Fadly selaku Head of Product EV Polytron, dikutip VIVA di Jakarta Barat.

Menurutnya, baterai LFP memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan varian baterai lainnya seperti NMC (Nickel Manganese Cobalt) dan SLA.

"Masing-masing baterai memang memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Tapi, LFP sendiri tidak menimbulkan api. Mungkin kelemahannya hanya fisiknya lebih besar dibandingkan SLA ataupun NMC," jelasnya.

Ia melanjutkan, "Kita sudah melakukan research, (LFP) paling aman. Karena kita pakai skema sewa baterai, kita juga enggak concern masalah fisik yang besar. Kita nggak butuh yang ringkas, yang gampang dibongkar, nggak butuh yang portable. Jadi, LFP merupakan pilihan yang tepat,"

Lebih lanjut, Ilman mengungkapkan harga baterai untuk motor listrik Polytron sebesar Rp17,5 juta.

"Untuk baterai sendiri jika diuangkan itu seharga Rp17,5 juta. Semua varian motor listrik Polytron, harga baterainya segitu," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya