Tempuh 569 Km, Segini Konsumsi BBM Yamaha Nmax Turbo Digeber Bengkulu-Palembang

Yamaha NMax Tour Boemi Nusantara
Sumber :
  • Yamaha Indonesia

Jakarta, VIVA –  Yamaha telah menggelar touring NMAX Tour Boemi Nusantara untuk seri Sumatera. Kali ini, redaksi VIVA Otomotif terlibat pada  etape terakhir yang digelar dari Bengkulu menuju Palembang, 6-8 September 2024.

Motor Bebek Baru Yamaha Warnanya Keren, Punya Konsumsi BBM 96 KM per Liter

Perjalanan dimulai dari diler Sentral Yamaha Bengkulu, peserta touring lalu menggeber Yamaha Nmax Touring ke liku 9, di mana jalurnya berkelok, menanjak, dan menurun yang ekstrim khas dataran tinggi Pulau Sumatera.

Dengan adanya pilihan mode berkendara T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring), benar-benar sangat membantu. Saat memakai mode S, tarikan motor benar-benar terasa enak dalam melahap trek lurus dan tanjakan.

Etape Akhir NMax Tour Boemi Nusantara di Pulau Sumatera: Bengkulu-Palembang

Yamaha NMax Tour Boemi Nusantara

Photo :
  • Yamaha Indonesia

Selain itu impressi Y-Shift yang membantu pengendara meningkatkan akselerasi ataupun deselerasi secara instan dalam 3 tingkatan, Low (1), Medium (2) dan High (3). Fitur Y-Shift ini juga cukup membantu saat masuki turunan dan tikungan.

Putra Noriyuki Haga Tewas Tragis saat Balapan Motor, Pecinta Helm Arai Tahu?

Karena mesin motor seperti engine break, meminimalisir penggunaan rem. Perjalanan lalu dilanjut ke Tebing Suban Curup dan Kota Lubuk Linggau menjadi titik destinasi menarik yang akan dilewati oleh para bikers.

Jalan dengan kontur yang memiliki berbagai tikungan patah yang menanjak dan menurun menjadi medan yang sangat menantang bagi para peserta touring dalam perjalanan menuju Lahat. Memasuki kota Lahat melewati perkebunan yang tak ada lampu penerangan jalan.

Yamaha NMax Tour Boemi Nusantara

Photo :
  • Yamaha Indonesia

Namun, lampu pada Nmax generasi ketiga ini cukup diandalkan karena sudah LED Projector yang sangat terang. Kondisi jalan juga basah karena sempat hujan turun, namun adanya fitur Traction Control System (TCS) bisa mendapatkan grip yang maksimal pada motor sehingga mencegah terjadinya potensi tergelincir. 

Hingga akhirnya sampai di kota Lahat dengan jarak tempuh sudah 313,2 Km. Keesokan harinya, perjalanan dilanjut ke Palembang dengan dominan jalan lurus. Penggunaan Y-Shift untuk merasakan sensasi turbo cukup dimaksimalkan.

Hingga akhirnya finis di kota Palembang, perjalanan yang ditempuh menggunakan Yamaha Nmax Turbo Techmax adalah 569,7 Km. Berdasarkan pencatatan di layar multi informasi display (MID) Nmax Turbo.

Konsumsi BBM Yamaha Nmax Turbo

Photo :
  • VIVA/Muhammad Indra Nugraha

Dengan awak redaksi VIVA yang memiliki berat badan 60 Kg, konsumsi BBM selama perjalanan 38,4 Km per liter. Sebagai catatan, hasil pengetesan tentunya bakal berbeda-beda, tergantung dari gaya berkendara, bobot pengendara, dan kondisi lalu lintas. 

Tes ini juga tidak ada irit-iritan BBM, alhasil motor dibejek terus. Selama perjalanan, motor "meminum" bensin RON 92 (Pertamax). 

Yamaha Nmax Turbo menggunakan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru. Dengan sentuhan pembaruan di sektor jantung pacu, NMAX Turbo mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW / 8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm / 6.500 Rpm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya