Honda Siapkan Motor Sport Baru Pesaing Kawasaki Ninja 4 Silinder

Logo Motor Honda
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

VIVA – Motor sport dengan mesin segaris empat silinder semakin popular. Padahal sejak zaman dahulu sejumlah pabrikan juga sempat membuat mesin tersebut untuk beberapa produknya, seperti yang dilakukan Honda.

Terpopuler: Harga Skuter Matik Edisi Terbatas, Motor Baru Honda Pesaing Kawasaki Ninja

Tapi di Indonesia, dan beberapa negara lain mesin empat silinder pada motor sport kembali menjadi sorotan setelah Kawasaki Ninja ZX-25R hadir. Meski hanya memiliki volume silinder 250cc, tapi suaranya seperti moge.

Kawasaki Ninja ZX-25R edisi 2023

Photo :
  • Dok: KMI
5 Sepeda Motor Seharga Rumah yang Dijual di Indonesia

Suara yang dihasilkan itu menjadi salah satu daya tariknya hingga membius penggemar motor sport full fairing. Setelah ZX-25R sukses, Kawasaki mengembangkan mesin itu menjadi 400cc yang bersarang di ZX-4RR.

Berkaca dari kesuksesan geng hijau, Honda yang juga berasal dari Jepang ikut tertarik membuat mesin dengan konfigurasi serupa. Tapi teknologi tersebut bukan hal baru buat jenama berlogo sayap mengepak itu.

Resmi Dijual di RI, Segini Harga Kawasaki Ninja ZX-25RR 40th Anniversary

Pasalnya, sejak 1960-an Honda sudah membuat motor dengan mesin empat silinder yang berasarang pada CB750 Four. Pada saat itu superbike yang mereka ciptakan sukses dipasaran, dan diikuti pabrikan lain.

Bahkan demi mengulang kesuksesan tersebut, Honda sempat membuat CBR400RR dan CBR250RR dengan enjin empat piston pada 1980-an dan awal 1990-an.

Tapi seiring berkembangnya zaman, dan berubahnya kebutuhan konsumen serta aturan pemerintah terkait emisi, efisiensi, lain-lain, mesin motor sport tersebut akhirnya dibuat ringkas menjadi dua silinder paralel.

Adapun peminat pasar saat ini kembali berubah, Honda akhirnya akan kembali melahirkan motor sport empat silinder melalui CBR400R Four.

Melansir Paultan, Selasa 10 September 2024, Honda telah mengajukan merek dagang konfigurasi enjin terbarunya itu di kantor hak kekayaan intelektual Jepang, dan itu menjadi indikasi lahirnya CBR400R Four.

Jika motor itu diproduksi massal, maka akan bersaing ketat dengan Kawasaki Ninja ZX-4RR. Di pasar Indonesia motor sport geng hijau itu dibanderol Rp200 jutaan dengan tenaga maksimal 77 Ps DI 14.500 rpm, dan torsi 37,6 Nm di 12.500 rpm.

Kemudian di Indonesia saat ini motor sport full fairing yang ditawarkan Honda hanya CBR250RR, dan CBR1000RR-R.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya