Repsol Akhirnya Resmi Bercerai dengan Honda MotoGP, Buntut Performa Buruk?

Pembalap Honda, Luca Marini
Sumber :
  • HRC MotoGP

Jakarta, VIVA –  Repsol akhirnya resmi meninggalkan Honda sebagai sponsor utama mereka di akhir musim MotoGP 2024. Ini mengakhiri salah satu kemitraan paling terkenal di MotoGP antara sponsor dan pabrikan tim besar.

Jorge Martin Merasa Jadi Orang Bodoh Usai Gagal Gabung Ducati dan Ketikung Marquez

Dikutip VIVA Otomotif dari Crash, Senin 9 Agustus 2024, Honda berpisah dengan pelumas motor yang sudah jadi sponsor mereka selama 30 tahun, atau sejak 1995. Ini mengakhiri salah satu kemitraan tersukses dalam sejarah olahraga ini.

"Repsol tidak akan memperbarui kontrak sponsornya saat ini dengan Honda Racing Corporation (HRC) untuk Kejuaraan Dunia MotoGP, yang berakhir pada tanggal 31 Desember tahun ini," bunyi keterangan resmi Repsol.

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez

Photo :
  • AP Photo/ Kittinun Rodsupan

Yang mana tim Repsol Honda memenangkan 15 gelar pembalap bersama Mick Doohan, Alex Criville, Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner dan Marc Marquez. Sayangnya, kini kondisi tim sedang terpuruk.

Cara Marc Marquez Menghargai Gresini Racing, Tolak Coba Motor Baru Ducati

Repsol Honda belum pernah meraih kemenangan balapan sejak kemenangan terakhir Marc Marquez bersama Honda, di Misano pada tahun 2021. Hingga akhirnya, Marquez pergi ke Gresini Racing di akhir musim lalu.

Pengganti Marquez, Luca Marini, malah tampil jeblok juga di musim ini dengan baru meraih 1 poin. Sedangkan Marquez sudah berhasil menang dua kali di Gresini Racing dengan motor Ducati Desmosedichi GP23.  

Terakhir, Marquez memenangi MotoGP San Marino pada Minggu 8 September 2024. Kini, pembalap Spanyol itu menduduk posisi ketiga pada klasemen sementara dengan raihan 259 poin, atau kalah 53 poin dari Jorge Martin di posisi 1.

Kembali ke soal Repsol, tidak jelas apakah mereka akan mengalihkan dukungannya ke pabrik MotoGP saingannya, dan hanya mengatakan bahwa mereka akan 'terus dikaitkan dengan balap motor'.

Pembalap Honda, Luca Marini

Photo :
  • HRC MotoGP

Seperti diketahui, MotoGP akan beralih ke 100% bahan bakar non-fosil mulai tahun 2027, sebuah sikap yang tampaknya disambut baik oleh Repsol. Meski begitu, Repsol berterima kasih atas kerjasamanya selama ini dengan Honda.

"Repsol berterima kasih atas komitmen dan dedikasi HRC selama bertahun-tahun kita bekerja sama. Perusahaan multienergi akan terus terhubung dengan balap motor untuk terus mengembangkan produk dan layanan dengan kualitas tertinggi," pungkas pernyataan Repsol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya