Punya Konsumsi BBM 67 KM per Liter, Motor Baru Ini Laku Keras

Bajaj Freedom 125 CNG
Sumber :
  • Bajaj Auto

VIVA – Berbagai cara dilakukan produsen kendaraan demi menekan penggunaan bahan bakar minyak, atau BBM dengan bahan dasar minyak fosil, salah satunya membuat memanfaatkan gas sebagai sumber energi.

IMHAX 2024 Surganya Obat Ganteng Pengguna Motor

Bajaj Auto menjadi satu-satunya brand asal India yang berhasil membuat motor berbahan gas pertama di dunia. Motor yang diberi nama Bajaj Freedom 125 itu resmi dirilis ke pasar sejak Juli 2024.

Bajaj Freedom 125 ditawarkan tiga varian, yaitu Freedom 125 Drum, Freedom 125 Drum LED, dan Freedom 125 Disc LED, total warnanya ada 7 pilihan.

Tempuh 569 Km, Segini Konsumsi BBM Yamaha Nmax Turbo Digeber Bengkulu-Palembang

Tipe terendah masih menggunakan rem tromol di bagian depan, dan belakang dengan lampu utama bolham, sedangkan dua tipe lainnya sudah menggunakan rem cakram di depan, dan lampu utama LED. 

Menariknya meski menggunakan teknologi baru, namun hanya dalam waktu kurang lebih 3 bulan Bajaj Freedom 125 terjual lebih dari 100 ribu unit melebihi target perusahaan, seperti dikutip dari laporan rideapart, dan greatbikers, Sabtu 7 September 2024.

Motor Bebek Baru Yamaha Warnanya Keren, Punya Konsumsi BBM 96 KM per Liter

Melihat kesuksesan tersebut, Chief Executive Officer Bajaj Auto, Rajiv Bajaj menyebut bahwa perusahaan akan mengembangkan model kendaraan berbahan gas lainnya, dengan target bisa memproduksi lebih banyak lagi.

Setelah dipasarkan di negara asalnya, motor mini itu akan dijual ke sejumlah negara, namun sayangnya Indonesia belum masuk daftar. Hanya tiga negara yang jadi tujuan ekspor, yaitu Mesir, Banglades, dan Afrika.

Motor tersebut dipersenjatai mesin 125cc yang lebih kompak, dan efisien. Terdapat dua tempat penampungan bahan bakar yang masing-masing punya tugas berbeda-beda. 

Untuk tangki bensin berada di bagian depan motor dengan daya tampung 2 liter. Sedangkan tangki untuk menampung gas bertekanan tinggi, alias CNG berada di dalam frame tengah tepatnya di bawah jok.

Tabung gas tersebut kapasitasnya 2 kilogram. Berdasarkan hasil pengujian internal mereka, motor barunya itu punya konsumsi BBM 67 km per liter, sangat irit jika berkaca dari volume silinder mesinnya.

Artinya dalam kondisi tangki bensin yang penuh motor itu bisa berjalan 130-134 km, tergantung kondisi pemakaian. Sedangkan untk konsumsi penggunaan gas mencapai 102 km per kg, atau setara 200-204 km. 

Jika kedua bahan bakar itu terseiri penuh, maka Freedom bisa melaju sejauh 330 km dengan total penggunaan 2 liter bensin, dan 2 kg gas. Untuk tenaga maksimalnya, jika menggunakan gas 90,5 km per jam, dan bensin 93,4 km per jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya