Pembalap Thailand Bakal Berlaga di MotoGP 2025, Indonesia Kapan?

Pembalap Thailand Somkiat Chantra
Sumber :

Jakarta, VIVA –  Pembalap Thailand Somkiat Chantra resmi akan tampil di MotoGP 2025 bersama tim Idemitsu Honda LCR. Somkiat menjadi pembalap pertama asal Negeri Gajah Putih tersebut yang bisa tampil di ajang MotoGP.

Bakal Ada yang Baru dari MotoGP 2025

Somkiat Chantra mengaku senang bisa bergabung dengan LCR dan menggapai mimpinya naik kelas ke MotoGP pada musim mendatang. Pembalap yang musim ini tampil di Moto2 bersama Idemitsu Honda Team Asia siap berikan yang terbaik.

"Saya senang bergabung dengan tim LCR. Melangkah ke MotoGP selalu menjadi impian saya, dan akhirnya saya akan mewujudkannya. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua sponsor dan orang-orang yang telah mendukung saya sejak awal karier hingga sekarang," ucap Somkiat Chantra dikutip dari laman MotoGP, Jumat 30 Agustus 2024.

Terpopuler: Lewis Hamilton Beli Tim MotoGP, Pria Ngamuk Hancurkan Motor Diler

Pembalap Thailand Somkiat Chantra

Photo :
  • MotoGP

"Untuk musim berikutnya, saya berkomitmen untuk belajar, memberikan yang terbaik, dan menikmati petualangan baru ini. Ini akan sulit, tetapi saya akan memberikan yang terbaik," lanjutnya.

Sudah 2 Kali Menang, Marc Marquez Mulai Berani Pikirkan Gelar Juara Dunia?

Sementara itu Kepala tim LCR Lucio Cecchinello menilai Somkiat Chantra merupakan pembalap berbakat dari Asia yang harus diberikan kesempatan tampil di level tertinggi. Somkiat Chantra akan menggantikan posisi Takaaki Nakagami yang memutuskan pensiun dari MotoGP.

"Mengenai masa depan, bersama HRC, kami yakin bahwa inilah saatnya untuk menyambut bakat Asia yang hebat seperti Somkiat Chantra, karena kami pikir ia layak mendapatkan kesempatan di level tertinggi. Selama bertahun-tahun di Moto2, ia telah menunjukkan potensi dan keterampilan untuk tumbuh dan menjadi pembalap tangguh di MotoGP. LCR dan Honda akan memberinya yang terbaik untuk mendukungnya dalam berbagai fase proyek baru ini," paparnya.

Indonesia Kapan?

Sebelum Thailand, pembalap Malaysia juga sudah merasakan balapan di ajang MotoGP untuk perwakilan Asia Tenggara. Paling sukses adalah Hafizh Syahrin, yang mampu berlaga di kelas MotoGP selama dua musim.

Sayangnya, Indonesia masih belum bisa mengirimkan wakilnya di MotoGP dan baru menjadi tuan rumah penyelanggara saja. Sebenarnya, pembalap Indonesia juga cukup cemerlang di ajang balap motor.

Contohnya adalah  Veda Ega Pratama berhasil mencetak sejarah dengan menjadi pembalap pertama Indonesia yang sukses menjuara Asia Talent Cup 2023. Akan tetapi, Veda Ega butuh kerja keras lagi untuk bisa mencapai Grand Prix. 

Pembalap muda Indonesia Veda Ega Pratama juara IATC 2023

Photo :
  • ANTARA/Idemitsu Asia Talent Cup

Sebab, untuk bisa menembus Moto3 saja batas usianya adalah 18 tahun. Terkecuali bagi pemenang Junior GP yang bisa satu tahun lebih muda untuk memulai debut di Moto3.

Maka itu, Vega Ega harus terus meningkatkan performanya demi bisa melanjutkan karier di Moto3, Moto2 atau bahkan menembus MotoGP sebagai kasta pertama balap motor di dunia. Sementara itu, Veda tampil di ajang Red Bull Rookies Cup.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya