Harga Rp17 Jutaan Motor Honda Ini Punya Konsumsi BBM 69 KM per Liter

VIVA Otomotif: Logo motor Honda
Sumber :
  • VIVA Otomotif

VIVA – Motor Honda yang beredar di pasar global memiliki nama berbeda-beda, namun secara spesifikasi hampir sama. Terutama di segmen sejuta umat, seperti model skutik, atau motor bebek di pasar Asia.

Di Indonesia misalnya, Honda memiliki motor bebek termurah yang diberi nama Revo. Sedangkan di Filipina ada produk serupa namun namanya menjadi Wave RSX yang ditawarkan dalam dua varian.

Motor bebek Honda Wave RSX

Photo :
  • Istimewa
IMHAX 2024 Surganya Obat Ganteng Pengguna Motor

Honda Wave RSX tanpa rem cakram dibanderol 62,900 ribu peso atau setara Rp17,215 juta, dan tipe cakram 64,900 ribu peso atau Rp17,766 juta. Sedangkan di Indonesia, harga Revo X hanya Rp16,535 juta.

Padahal secara spesifikasi lebih tinggi Revo X, karena motor bebek tersebut sudah menggunakan velg alloy, dan rem cakram di depan, sedangkan Wave RX hanya mengandalkan velg jari-jari berbahan besi.

Tempuh 569 Km, Segini Konsumsi BBM Yamaha Nmax Turbo Digeber Bengkulu-Palembang

Selain itu perbedaan lain dari kedua motor bebek beda negara tersebut adalah desain bodinya, untuk pasar Filipina dibuat lebih ramping, dan simpel seperti Revo di generasi sebelumnya.

Dimensi kedua motor bebek tersebut juga ada sedikit perbedaan, meski satu platform. Untuk Wave RX panjangnya 1.922 mili meter, lebar 698 mm, dan tinggi 1.082 mm, sedangkan Revo panjangnya 1.919 mm, lebar 709 mm, dan tinggi 1.080 mm.

Hal yang wajar jika ada perbedaan dimensi, karena desain bodinya berbeda. Namun jarak poros roda depan ke belakang masih sama, yaitu 1.277 mm, dengan ketinggian jok 760 mm.

Pada sektor kaki-kaki mengandalkan velg ukuran 17 inci dibalut ban 70/90 depan, dan belakang 80/90. Suspensi depan model teleskopik, dan belakang shokbreaker ganda, dengan ketinggian jok 760 mm.

Tidak ada fitur yang istimewa dari motor bebek tersebut, lampu utamanya bolham, begitupun sein, dan pengereman belakang, terdapat tutupan rantai, speedometer manual model jarum, dan lubang kunci bisa ditutup.

Hal yang menarik dari motor bebek tersebut tentu pada bagian dapur pacunya, pabrikan berlogo sayap mengepak tersebut membuatnya sangat efisien.

Honda Wave RSX atau Revo sama-sama mengandalkan mesin bensin satu silinder berkapasitas 109cc dengan diameter piston 50 mm, SOHC berpendingin udara dengan kompresi ruang bakar 9,3 banding satu.

Enjin dengan sistem pengabutan injeksi PGM-FI tersebut dapat menyemburka tenaga 8,6 dk di 7.500 rpm, dan torsi 8,7 Nm di 6.000 rpm. Tenaganya disalurkan melalui transmisi manual 4 percepatan ke rantai roda belakang.

Melansir situs resmi Honda Filipina, motor bebek tersebut menjadi produk paling irit, karena konsumsi BBM 69,5 km per lter berdasarkan pengujian WMTC (World Motorcycle Test Cycle).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya