Naik Kelas dengan Honda Vario 160: Fitur Canggih untuk Pengalaman Berkendara Maksimal

Honda Vario 160 Grande Matte Blue
Sumber :
  • Dok: AHM

Jakarta, VIVA  –  Perjalanan panjang generasi Honda Vario tak bisa dipungkiri. Berawal tahun 2006 sebagai generasi pertama dengan mesin 110 cc maka kini Honda telah menghadirkan generasi terbaru atau generasi keenam dengan lahirnya Vario 160.

Terpopuler: Harga Mobil Listrik Bekas, Naik Kelas dengan Honda Vario 160

Tak dapat dipungkiri bahwa Honda merupakan pabrikan yang merajai penjualan motor matic di Indonesia. Sehingga mereka terus berinovasi untuk memberikan produk yang terbaik. Bahkan hadirnya Vario 160 untuk menjawab pabrikan Yamaha yang menjadi kompetitornya.

Honda Vario 160 Active Matte Blue

Photo :
  • Dok: AHM
Harga Honda BeAT Baru Cukup Buat Beli Yamaha NMAX atau Kawasaki Ninja Bekas

Jarak antara Vario 150 dengan Vario 160 memang tidak terlalu jauh. Hanya dalam waktu 3 tahun Honda meluncurkan produk dengan dapur pacu yang baru 160 cc, hal ini tentunya untuk menjawab Yamaha Aerox yang telah memiliki mesin 155 cc.

Keunggulan All New Honda Vario 160

Terpopuler Otomotif: Harga Toyota Fortuner Bekas Awal Tahun, Spesifikasi Honda Vario 2024

Tentu menarik membahas pembaharuan dari All New Honda Vario 160 tahun 2024 ini. Bahkan pihak pabrikan mengatakan bahwa di setiap generasinya, Vario akan terus memberikan keunggulan dan peningkatan fungsionalitas dan hadirnya fitur-fitur baru.

Lalu, apa saja yang baru pada All New Honda Vario 160? Berikut beberapa perubahan yang menjadikan motor ini lebih modern, diantaranya adalah:

1. Dimensi yang lebih besar

Perubahan yang paling mencolok dari tampilan Honda Vario 160 adalah dimensi yang semakin bongsor. Soal dimensi model Honda Vario 160 memiliki ukuran yang lebih besar jika dibandingkan dengan generasi Vario 150.

Dimensi yang semakin besar tentunya telah diperhitungkan oleh pabrikan Honda. Karena All New Honda Vario 160 telah mengusung mesin dengan kapasitas mesin yang lebih juga. Sehingga bodi mengalami penyesuaian terhadap performa mesin.

Terdapat beberapa perubahan dimensi dari Honda Vario 160 dibandingkan generasi sebelumnya seperti, panjang seri Vario 150 adalah 1919 mm dan sekarang menjadi 1929 mm, lebarnya tetap 679 mm, sedangkan tingginya bertambah Vario 150 1.062 mm kini menjadi 1.088 mm.

Oleh karena itu, ketinggian Honda Vario 160 mengalami peningkatan tinggi, apalagi sekarang ukuran ban yang digunakan lebih besar dibandingkan generasi sebelumnya. Sehingga secara keseluruhan Vario 160 menambah dimensi ketinggiannya dengan signifikan.

2. Gunakan sistem eSAF baru

Perubahan lain yang menjadikan Honda Vario 160 menjadi lebih modern adalah teknologi rangka yang lebih baru. Rangka Honda Vario 160 menggunakan platform baru yaitu eSAF yang sebelumnya sudah terpasang pada Honda BeAT, Honda Scoopy, dan Honda Genio.

Jadi frame ini lebih ringan sekitar 1,1 kilogram dari ukuran frame sebelumnya. Padahal, hal ini untuk meningkatkan kestabilan dan tenaga pada sepeda motor. Jadi dalam hal ini sasis saat ini tidak berbentuk tabung, tetapi digunakan dengan lembaran yang dilas laser.

Keunggulan lainnya yakni penggunaan eSAF pada platformnya menjamin kekuatan dan ketahanan yang baik. Rangkan ini tahan terhadap benturan atau tekukan jika terjadi benturan saat berkendara dengan cara ekstrim.

3. Mesin eSP+ 4 katup mirip dengan Honda PCX 160

Salah satu fitur penting pada Honda Vario 160 adalah penggunaan mesin baru, sehingga dalam seri Vario ini menggunakan angka 160 seperti Honda PCX 160. Padahal, kedua produk tersebut menggunakan mesin yang sama, berupa ESP+ berkonfigurasi 4 katup.

Jadi awalnya model Honda Vario 150 masih eSP 2 katup biasa. Bahkan kapasitas mesinnya pun ditingkatkan dari semula 149,3 cc menjadi 156,9 cc. Di dalamnya tetap SOHC dan pendingin cair. Seiring bertambahnya perpindahan, tenaga meningkat sebesar 2,3 hp, dari 13,1 hp menjadi 15,4 hp. Sebaliknya torsinya tak beranjak dari 13,4 menjadi 13,8 Nm.

4. Honda Vario 160 dengan rem cakram belakang

Ciri khas lain dari Vario 160 adalah hadirnya rem cakram pada roda belakang. Awalnya Vario 150 tidak memiliki sistem pengereman tersebut. Hal ini diduga karena banyaknya permintaan pembeli Honda Vario yang menginginkan rem belakang cakram.

Tentu saja ini dapat bekerja dengan baik dan mencegah bunyi berdecit. Fitur-fitur baru pada Vario ini akan semakin menambah nilai estetika pada sepeda motor ini. Sebab saat ini masih jarang sepeda motor matic yang menggunakan cakram belakang.

5. Gunakan ban Gambot untuk stabilitas

Ban yang digunakan pada Honda Vario 160 berukuran besar dan lebar. Tujuannya untuk menyesuaikan body yang besar dan performa mesin yang kuat. Dengan kaki-kaki yang besar dan kekar ini maka Vario 160 menjamin kestabilan sepeda motor saat dikendarai.

Ukuran bannya pun bertambah signifikan, awalnya hanya 90/80 untuk roda depan menjadi 100/80. Sedangkan ban belakang berukuran 100/80 hingga 120/70. Alhasil, ban baru tersebut bisa menutupi pelek palang Y yang dicat hitam-cokelat dan hitam tergantung modelnya.

6. Honda Vario 160 dilengkapi sistem ABS

Teknologi baru dalam pengereman telah ditanamkan pada Vario 160. Pada harga Vario 160 termahal maka motor tersebut telah menggunakan teknologi Anti-lock brake system (ABS) yang terintegrasi ke dalam cakram depan.

Untuk harga kelas tertinggi ini maka kamu harus menyediakan uang sebesar Rp 28,5 juta. Peningkatan fitur dan teknologi yang dibenamkan membuat Honda Vario 160 terlihat modern dengan tampilan yang sporty.

Sementara itu, versi CBS ini masih menggunakan rem tromol belakang. Untuk harga sudah berubah namun harga tetap murah bagi yang menginginkan Honda Vario 160 namun tidak membutuhkan ABS.

7. Fitur lengkap dan canggih

A. Port pengisian daya USB, tidak memerlukan adaptor

Fitur tambahan lainnya yang sebelumnya hilang dari Vario 150 adalah fungsi smart charge. Tentu saja, dalam hal ini adalah port USB Tipe A dan bukan pemantik rokok. Jadi pengguna sepeda motor tidak perlu menyiapkan adaptor lain. Cukup bawa kabel charger saja sudah bisa.

B. Spion dan fender depan seperti motor sport

Detail lainnya diubah, desain spionnya juga berbeda sehingga mirip dengan yang dipasang pada Honda PCX 160. Jika dicermati maka desain knalpot dan kap mesin juga berbeda.

C. Fascia pakai DRL baru

Bagian depan Honda Vario 160 memang enak dipandang. Pasalnya masih mempertahankan lampu depan ganda yang tajam atau dual LED headlight dan juga memiliki Daytime Running Lights (DRL) yang menjadi ciri khas mobil mewah modern.

Karena ini bukan LED bar biasa, sebenarnya desainnya juga seperti lampu alis pada lampu utama, kemudian bagian ini dipotong dari panel moncong depan dan memanjang lagi ke sepeda motor dari rumah sinyal.

D. Desain belakang yang cantik

Selain bagian depan, tampilan belakang Honda Vario 160 juga menarik untuk diketahui. Tampilannya juga lebih bagus dibandingkan Honda Vario 150. Desain rumah lampu menggunakan garis lurus dan ukurannya jauh lebih kecil.

Kemudian perbedaan signifikan lainnya adalah pada posisi bola depan Honda Vario 160 yang ditempatkan dekat dengan bagian atas ban depan sebagai fairing motor sport.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya