Motor Bebek Honda yang Lebih Irit dari BeAT, Konsumsi BBM 65 KM per Liter

All New Honda BeAT Street 2024
Sumber :
  • Wahana Honda

VIVA – Motor-motor Honda yang menyasar segmen menengah ke bawah dikenal memiliki efisiensi bahan bakar lebih baik. Bahkan baru-baru ini mereka merilis motor bebek yang lebih irit dari Honda BeAT di Indonesia.

Tempuh 569 Km, Segini Konsumsi BBM Yamaha Nmax Turbo Digeber Bengkulu-Palembang

Motor tersebut adalah Honda XRM125 DS baru yang dirancang untuk bisa melewati berbagai kondisi jalan. Secara basik seperti jenis bebek, namun memadukan unsur trail, terutama pada sektor kaki-kakinya.

Honda XRM125 DS baru

Photo :
  • Honda Filipina
Motor Bebek Baru Yamaha Warnanya Keren, Punya Konsumsi BBM 96 KM per Liter

Memiliki desain yang cukup agresif, di mana bentuk lampu depan dengan pencahayaan bolham tersebut terinspirasi dari CRF, panel instrumennya sudah digital model baru, bodinya dibalut stiker baru lebih sporti.

Pada sektor depan suspensi model teleskopiknya dibuat lebih tinggi dengan segita di bagian atas, dan bawah layiknya nakedbike, dan disematkan setang telanjang yang dimensinya dibuat lebar dan lebih tinggi dari posisi duduk.

Daftar Harga Honda BeAT per September 2024, Lengkap dengan Spesifikasinya

Ciri khas motor bebek juga tidak ditinggalkan, terutama pada bagian bodi belakang, dan pijakan kaki yang rendah. Di balik joknya terdapat bagasi dengan ruang yang cukup besar untuk motor sekelasnya.

Secara dimensi motor tersebut memiliki panjang 1.933 mili meter, lebar 833 mm, dan tinggi 1.049 mm. Jarak poros roda depan ke belakang 1.239 mm, dan ketinggian jok motor tersebut cukup tinggi, yaitu 775 mm.

Bermodal velg jari-jari berukuran 17 inci yang dibalut ban dual purpose dengan lebar 2.50, lalu pada bagian pengereman belakang masih tromol seperti motor bebek murah pada umumnya, dan depan cakram.

Melansir website Honda Filipina, XRM125 DS baru tersedia dalam warna hitam seharga 76,900 ribu peso, tipe dual sport extreme warna ross white dilego 75.400 ribu peso, dual sport warna fighting red, black, dan aura blue r harganya 71.900 ribu peso.

Jika dikonversi ke rupiah, harga termurah motor bebek bergaya trail tersebut setara Rp19,6 juta sampai Rp21,05 juta. Artinya tipe terendah lebih murah dari BeAT Deluxe Smart Key yang saat ini dilego Rp19,8 juta.

Menariknya pada sektor dapur pacu, XRM125 DS baru tetap mempertahankan mesin bensin 125cc SOHC berpendingin udara, dengan kompresi ruang bakar 9,3 banding satu, dan sistem pengabutan injeksi PGM-FI.

Tenaga maksimal yang disemburkan 7,12 kW di 7.500 rpm, dan torsi 9,55 Nm di 6.500 rpm, meski secara volume silinder lebih besar dari BeAT namun konsumsi bahan bakarnya lebih irit, yaitu 65,4 km per liter berdasarkan pengujian internal mereka, sedangkan motor matik sejuta umat catatan BBM-nya 60,6 km per liter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya