Ada Demo Hari Ini, Hindari Arus Lalu Lintas di Lokasi Ini Bagi Pengendara

Aksi Demo Apdesi Tutup Tol Senayan Depan DPR
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta, VIVA –  Para pengguna kendaraan bermotor diimbau untuk tida melewati beberapa ruas jalan di Jakarta pada hari ini, Kamis 22 Agustus 2024. Mengingat, bakal ada aksi demo yang dilakukan buruh dan mahasiswa di gedung DPR.

Pembangunan Tak Berjalan jika Kotak Kosong Menang, Menurut Rumah Demokrasi

Aksi demonstrasi tersebut tercatat akan dilakukan di dua lokasi, yaitu di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Mahkamah Konstitusi (MK). Ini seperti yang disampaikan oleh Polda Metro Jaya, dan para pengendara dihimbau agar menghindari dua titik tersebut.

"Kamis, 22 Agustus 2024, PolMin imbau untuk menghindari arus lalu lintas di sekitaran gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Mahkamah Konstitusi (MK) dikarenakan ada kegiatan masyarakat pada pukul 09.00 s/d selesai," demikian dikutip dari akun Instagram TMC Polda Metro Jaya.

Menlu Retno Titip Pesan ke DPR Jelang Akhir Masa Jabatan: Jangan Tinggalkan Bangsa Palestina
DPR Usul Pemerintah Tiru AS Atasi Kasus Kekerasan pada Anak dengan Layanan CPS

Seperti diketahui, Mahkamah Konstitusi (MK) baru saja mengabulkan sebagian gugatan yang diajukan oleh Partai Buruh dan Partai Gelora. Keputusan ini menjadi angin segar bagi kedua partai tersebut, serta bagi partai-partai lain yang tidak memiliki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

Dalam putusannya, MK menegaskan bahwa partai atau gabungan partai politik peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tetap dapat mengajukan calon kepala daerah meskipun tidak memiliki kursi di DPRD.

Namun, tidak semua pihak menyambut baik keputusan ini. Partai Buruh menilai bahwa Badan Legislasi (Baleg) DPR, yang memiliki kewenangan dalam mengatur undang-undang, berupaya untuk melawan dan mengubah hasil putusan yang tersebut.

Dalam situasi yang semakin memanas ini, Partai Buruh merasa perlu untuk mengambil tindakan tegas. Mereka menyerukan kepada segenap elemen buruh dan masyarakat untuk turun ke jalan dan melakukan demonstrasi di Gedung DPR.

“Untuk itu kami menyerukan kepada segenap elemen buruh dan masyarakat untuk turun ke jalan,” bunyi pernyataan Partai Buruh.

Selain itu, para mahasiswa juga banyak yang akan melakukan aksi demo pada hari ini. Seperti  aktivis Badan Mahasiswa Eksekutif Universitas Indonesia (BEM UI) bakal turun ke jalan melaksanakan aksi unjuk rasa di Gedung DPR RI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya