Aismoli Tegaskan Motor Listrik Konversi Tak Bisa Sembarangan Ikut Balapan

Balap motor listrik konversi
Sumber :
  • Aismoli

Jakarta, VIVA –  Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) siap menggelar balapan motor listrik konversi di Sirkuit Sentul Kecil. Walau begitu, mereka menegaskan bahwa tidak sembarangan motor listrik konversi bisa ikut balapan.

Terpopuler: Kuota Motor Listrik Habis, Toyota Fortuner Baru

Di mana, hanya motor listrik yang telah lulus uji tipe dan mendapatkan sertifikasi yang diizinkan untuk berlaga. Ini tak lepas demi keselamatan dan performa motor listrik yang ikut serta dalam balapan.

"Kami ingin memastikan bahwa motor yang ikut balapan memenuhi standar keselamatan dan performa yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, semua motor listrik konversi harus melalui proses uji tipe dan mendapatkan sertifikasi," ujar Ketua Umum Aismoli, Budi Setiyadi, dikutip VIVA Otomotif dari situs resmi Aismoli, Rabu 21 Agustus 2024.

Kuota 2024 Habis, Luhut Pastikan Subsidi Motor Listrik Lanjut di Era Prabowo

Uji tipe ini mencakup berbagai aspek teknis, termasuk keamanan baterai, sistem pengereman, dan stabilitas motor saat dikendarai. "Proses uji tipe ini sangat penting untuk memastikan bahwa motor listrik konversi dapat beroperasi dengan aman dan memberikan performa optimal di lintasan balap," tambah Budi.

Selain itu, Aismoli juga bekerja sama dengan pihak berwenang untuk melakukan inspeksi dan verifikasi terhadap motor listrik yang akan berpartisipasi. "Kami ingin menjaga integritas dan kualitas ajang balap ini, sehingga hanya motor yang benar-benar memenuhi standar yang diizinkan untuk ikut serta," kata Budi.

Kuota Subsidi Motor Listrik 2024 Sudah Habis

Honda Beat yang sudah dikonversi jadi motor listrik di PEVS 2024

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhammad Indra Nugraha

Ajang balapan motor listrik konversi ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi dan edukasi bagi masyarakat mengenai keunggulan dan potensi motor listrik. Diharapkan juga bisa mendorong minat masyarakat untuk beralih ke motor listrik dan mendukung program pemerintah dalam mengurangi emisi karbon.

Dengan kebijakan ini, Aismoli berharap dapat menciptakan ajang balap yang tidak hanya seru dan kompetitif, tetapi juga aman dan berkualitas. Mereka juga berharap bahwa ajang ini akan menjadi inspirasi bagi lebih banyak orang untuk mengadopsi motor listrik dalam kehidupan sehari-hari.

"Kami optimis bahwa motor listrik akan menjadi pilihan utama di masa depan. Balapan ini adalah langkah kecil menuju tujuan besar tersebut," tandas Budi

Para pembalap cilik yang tampil di FIM MiniGP Indonesia.

FIM MiniGP Indonesia Digelar di Sirkuit GBT Surabaya, Gali Talenta Bocil Jadi Pembalap Dunia

Kejuaraan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) MiniGP Indonesia kembali digelar pada tahun 2024 ini.

img_title
VIVA.co.id
8 September 2024