Diapresiasi Jokowi, Skuter Listrik Garapan Elders Elettrico Bakal Touring ke Italia

Presiden Jokowi apresiasi skuter konversi listrik garapan Elders.
Sumber :
  • Elders Garage

jakarta, VIVA –  Elders Garages lewat divisi Elders Elettrico siap menguji skuter klasik yang sudah dikonversi menjadi bertenaga listrik dengan touring ke Italia. Memakai bahan Vespa jadul, motor listrik itu pun mendapat apresiasi dari Presiden Jokowi hingga dibubuhkan tanda tangannya.

Ngabalin Sebut Jokowi Rajin Puasa Nabi Daud: Sudah 18 Tahun Lebih

Program yang digagas Elders Elettrico dalam rangka mendukung program pemerintah dalam konversi motor listrik dengan Ride to Better Future sejak September tahun lalu terus dikampanyekan. Tak sekadar mengedukasi masyarakat mengenai teknologi ramah lingkungan berkelanjutan, namun juga dalam hal pengembangan unit conversion kit yang berkualitas.

Melalui Ride to Better Future Goes to Italy, yakni perjalanan solo riding menggunakan skuter klasik konversi oleh Yohanes Mustamu yang akan menempuh jarak lebih dari  11.000 Km melewati delapan negara dan berakhir di Italia.,

Jokowi Bakal Evaluasi Penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024

Elders Elettrico akan menguji performa kitnya. Beberapa riset untuk membuat perangkat konversi yang berkualitas terus dilakukan Elders Garage hingga langkah pengujian terukur. 

Sementara itu, Elders Elettrico juga telah mengekspor konversi kit elektrik ke Eropa untuk memenuhi permintaan konsumen pemilik skuter klasik.  Program Ride to Better Future Goes to Italy akan menggunakan Vespa Super 1974 milik Yohanes merupakan hasil konversi Elders Garage.

Kata Jokowi Soal KADIN: Selesaikan di Internal Saja

Di mana menggunakan tipe Speedster V2 dengan baterai 72V 99AH  model tank waterproof IPx4. Sementara motornya menggunakan 3Kw discbrake  dengan kecepatan maksimum 85 Km/jam serta daya tempuh hingga 240 Km. Waktu pengisian baterainya memakan waktu 3,5 jam. 

Perjalanan ini akan dimulai akhir Agustus dari Indonesia ke Turki – Bulgaria – Serbia – Kroasia – Slovenia – Austria dan Italia.
Membawa misi semangat Kemerdekaan RI ke-79, touring lintas negara Yohanes mendapat dukungan dari Presiden Joko Widodo pada acara Festival Lingkungan, Iklim, Kehutanan dan energi Baru Terbarukan ( LIKE 2) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di JCC Senayan, Jumat 9 Agustus 2024. 

”Kepada presiden, saya mengatakan bahwa sementara ini masih import karena harganya lebih murah. Saya juga menerangkan kalau melalui program Ride to Better Future Goes to Italy selain menguji produk konversi dari Elders juga, juga karena permintaan pasar di Eropa cukup besar," ujar Heret Frasthio, CEO Elders Elettrico, dalam keterangan resminya, Sabtu 10 Agustus 2024.

Presiden Jokowi tanda tangan skuter konversi listrik garapan Elders.

Photo :
  • Elders Garage

"Kemudian saya mengutarakan kepada presiden kalau program elektrifikasi kendaraan khususnya konversi motor listrik gratis dari pemerintah harus dilanjutkan ke depannya,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo juga membubuhkan tandatangan di skuter milik Yohanes sebagai bentuk dukungannya terhadap perjalanan menuju Roma, Italia. Sehari sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan Siti Nurbaya Bakar juga mengapresiasi program Ride to Better Future Goes to Italy yang menggambarkan semangat keberanian menghadapi tantangan. 

“Perkembangan kendaraan listrik membutuhkan inisiatif dan peran dari berbagai elemen masyarakat sehingga melalui program touring motor listrik ke Italia ini akan memberikan dampak luas bagi industrinya," paparnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya