Adu Spek Honda ADV 160 vs Yamaha NMax Turbo, Pilih Mana?

Motor New Honda ADV 160 Resmi Meluncur di Indonesia
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Jakarta, VIVA – Pasar skuter matik bergaya sporty terus menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Saat ini, hadir pilihan terbaru, Yamaha NMax Turbo. Dimana kendaraan tersebut disebut menjadi pesaing dari Honda ADV 160.

Tempuh 569 Km, Segini Konsumsi BBM Yamaha Nmax Turbo Digeber Bengkulu-Palembang

Kedua skuter matik ini cukup diminati konsumen Indonesia karena sama-sama menawarkan desain menawan, serta performa kendaraan yang tangguh.

Kendati demikian, harga yang ditawarkan kedua motor ini memiliki perbandingan berbeda.

Etape Akhir NMax Tour Boemi Nusantara di Pulau Sumatera: Bengkulu-Palembang

Berdasarkan penelusuran VIVA, Honda ADV 160 dibanderol lebih murah dibandingkan Yamaha NMax Turbo, mulai dari Rp36,5 juta untuk varian CBS dan Rp39,6 juta untuk model ABS. Harga tersebut berstatus on the road Jakarta.

Sementara itu, Yamaha NMax Turbo dipasarkan dengan harga mulai dari Rp37,7 juta untuk varian biasa dan Rp45,2 Juta untuk varian tertinggi Turbo Tech Max Ultimate. Kedua harga sudah termasuk pajak on the road Jakarta.

Yamaha Antar NMax Turbo ke Garasi Konsumen Pakai Mobil Mewah

NMax Terbaru di Yamaha Dealer Premium

Photo :
  • Yamaha Indonesia

Meskipun harga untuk varian terendahnya tak berbeda jauh, namun ada perbedaan diantara keduanya, antara lain:

Dimensi dan Bobot Kendaraan

Honda ADV 160 memiliki dimensi yang lebih besar, yakni panjang 1.950 mm x lebar 763 mm x tinggi 1.196 mm dan ground clearance lebih tinggi, yaitu 165 mm. Selain itu, jarak sumbu roda Honda ADV 160 berjarak 1.324 mm.

Sedangkan, NMax Turbo dinilai lebih kompak dan lincah untuk penggunaan di perkotaan karena memiliki  dimensi yang lebih kecil, yaitu panjang 1.935 mm x lebar 740 mm x tinggi 1.200 mm.

Untuk bobot kendaraan, Yamaha NMax Turbo lebih berat dua kilogram, tepatnya 135 kg. Lalu, Honda ADV 160, seberat 133 kg. 

Performa mesin

Honda ADV 160 menggunakan mesin 160cc dengan teknologi eSP+ (Enhanced Smart Power Plus) yang menghasilkan tenaga 16 hp dan torsi 14,7 Nm.

Sementara itu, Yamaha NMAX Turbo ditawarkan dengan mesin berkapasitas 155cc dengan tambahan turbocharger yang meningkatkan performanya secara signifikan.

Tenaga yang dihasilkan mencapai 19,5 hp dengan torsi 18 Nm. Mesin ini menawarkan akselerasi yang responsif dan kecepatan maksimal yang mengesankan.

Fitur dan Teknologi

Yamaha NMAX Turbo dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti traction control system (TCS), smart key system, dan konektivitas smartphone melalui aplikasi Y-Connect.

Fitur keselamatan juga ditingkatkan dengan hadirnya dual-channel ABS yang memastikan pengereman optimal.

Tak kalah, Honda ADV 160 menawarkan panel instrumen digital yang lengkap, sistem keyless ignition, dan konektivitas Honda Smartphone Voice Control System.

Kesimpulan

Baik Honda ADV 160 dan Yamaha NMax Turbo adalah dua skutik bergaya adventure yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Honda ADV 160 menawarkan efisiensi dan harga lebih terjangkau, sementara Yamaha NMax Turbo menawarkan performa mesin yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya