Gantikan Pramac Racing, Pertamina Enduro VR46 Racing Team Jadi Tim Satelit Utama Ducati

Pembalap VR46 Racing Team, Fabio Di Giannantonio (49) dan Marco Bezzecchi
Sumber :
  • Twitter: @VR46RacingTeam

Jakarta, VIVA –  Pertamina Enduro VR46 racing team akhirnya resmi menjadi tim satelit utama untuk Ducati mulai MotoGP 2025. Tim milik Valentino Rossi ini menggantikan Pramac Racing yang memutuskan gabung dengan Yamaha.

Terpopuler: Lewis Hamilton Beli Tim MotoGP, Pria Ngamuk Hancurkan Motor Diler

Dalam keterangan resminya, tim Tavullia dan Ducati menjalin kontra multitahun. Di musim depan,VR46 Racing Team akan mendapat motor resmi dan motor Ducati Desmosedici GP24, bersama dengan staf teknis baru dari Ducati.

"Saya merasa bangga untuk mengumumkan bahwa mulai tahun depan Pertamina Enduro VR46 Racing Team akan menjadi tim satelit utama Ducati di MotoGP. Kami akan berada di trek balap dengan motor resmi dan GP24. Jika beberapa tahun yang lalu ada yang mengatakan ini, saya tidak akan mempercayainya," ujar Alessio Salucci, Direktur Tim Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Jumat 2 Agustus 2024.

Sudah 2 Kali Menang, Marc Marquez Mulai Berani Pikirkan Gelar Juara Dunia?

"Ini adalah momen yang sangat berarti bagi seluruh tim: mencapai hasil ini hanya dalam tiga tahun, dengan tim yang muda, dengan banyak yang sudah bersama kami dari Moto3, adalah sesuatu yang luar biasa. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang bekerja di tim," lanjutnya.

Pada musim ini dan sebelumnya, VR46 Racing Team memang sudah memakai motor dari Ducati. Akan tetapi, tim satelit utamanya adalah Pramac Racing.

Penumpan Penyeberangan Diproyeksi Naik 3 Kali Lipat Jelang MotoGP Mandalika, ASDP Siapkan Ini

Pembalap VR46 Racing Team, Marco Bezzecchi

Photo :
  • Twitter: VR46RacingTeam

Namun Pramac Racing akhirnya memutuskan untuk bercerai dengan Ducati dia akhir musim ini. Selanjutnya, Pramac akan menjadi tim satelit bagi Yamaha pada MotoGP 2025.

ramac jalin kesepakatan multi tahun dengan Yamaha. Diyakini kontrak tim asal Italia itu dengan Yamaha akan berlangsung selama tujuh tahun. Musim ini menjadi yang terakhir bagi Pramac kerjasama dengan Ducati, setelah berjalan selama hampir dua dekade, dimulai pada 2005.

Beredar kabar bahwa bos Pramac kesal dengan Ducati yang lebih tertarik kepada tim Valentino Rossi, VR46 Racing. Hingga akhirnya, Pramac memutuskan untuk cabut dari Ducati dan gabung dengan Yamaha. 

Seperti diketahui, pada musim ini Yamaha tak memiliki tim satelit usai ditinggalkan RNF Racing ke Aprilia Racing. Pada saat yang sama, performa YZR-M1 terus menurun, dan kalah saing dengan pabrikan Eropa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya