Yamaha Nmax Turbo Belum Ada Rencana Diekspor, Kenapa?
- Yamaha Indonesia
Jakarta, VIVA – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengonfirmasi bahwa saat ini mereka belum berencana untuk mengekspor NMax Turbo. Walaupun penerimaan skutik bongsor ini cukup baik di Tanah Air.
Asisten General Manager Marketing Communication Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Antonius Widiantoro, membeberkan alasannya. Menurutnya, Yamaha Indonesia masih berfokus memproduksi NMax Turbo untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik.
"Kita memenuhi pasar domestik saja masih PR, artinya kita harus penuhi terlebih dahulu," kata Anton di Cirebon, belum lama ini.
Anton mengungkapkan bahwa permintaan NMax Turbo di Tanah Air cukup tinggi sejak diluncurkan pada pertengahan Juni lalu. Sebagai contoh saat Pekan Raya Jakarta (PRJ), Yamaha mencatatkan total penjualan sebanyak 3.800 unit, di mana 2.000 unitnya disumbang model NMax Turbo dan juga model NMax Neo.
Yamaha Nmax generasi sebelumnya sendiri sudah di ekspor ke berbagai negara, mulai dari pasar Eropa, Australia dan beberapa negara Asia. Pihaknya pun mengaku siap jika permintaan dari YMC untuk produk Nmax Turbo datang.
"Yamaha punya kemampuan sebagai global factory, kalau diminta YMC (Yamaha Motor Corporation) kita siap untuk support. Tapi untuk saat ini kita fokusnya domestik dulu, dan ekspor sudah ke Eropa, Jepang, Asean, Filipina, karena yang bikin Indonesia doang,” pungkasnya.
Perihal Nmax model lama, Yamaha sendiri sudah menghentikan produksinya dan kini tinggal menghabis stok yang ada di dealer. Kini, produsen motor asal Jepang ini fokus memproduksi Nmax Neo dan Nmax Turbo.
"Sekarang sebenarnya, kita fokus yang Nmax baru, dan kalau memang masih ada di dealer tinggal menghabiskan sisa stok saja," ujar Anton.
Nmax Turbo menggunakan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru. Dengan sentuhan pembaruan di sektor jantung pacu, NMAX Turbo mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW / 8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm / 6.500 Rpm.
Performa mesin baru turut dioptimalkan dengan adanya teknologi canggih terbaru, yaitu YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional. Skutik ini memiliki fitur Riding Mode yang menawarkan 2 mode berkendara, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring).
Nmax model baru hadir dalam dua varian, yakni Nmax Neo dan Nmax Turbo sebagai varian paling tinggi. Harganya dibanderol dari Rp 32 jutaan hingga Rp 45 jutaan.