Riding di IKN, Lihat Lagi Daftar Motor Custom Presiden Jokowi

Presiden Jokowi Naik Motor Cek Jalan Tol Menuju Jembatan Pulau Balang, Kaltim
Sumber :
  • Sekretariat Presiden

Penajam Paser Utara, VIVA – Presiden Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi, pada Senin kemarin resmi berkantor di Ibu Kota Nusantara. Sehari sebelumnya, ia sempat menyalurkan hobi mengendarai sepeda motor sembari memeriksa kondisi jalan tol IKN.

Kementerian PUPR: 47 Tower Rusun ASN di IKN Rampung Desember 2024

Bersama Ibu Negara Iriana, Jokowi juga sempat meresmikan Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur yang merupakan penghubung Kota Balikpapan dengan IKN.

Dari penelusuran VIVA, kuda besi yang ditunggangi Jokowi adalah Kawasaki W175 yang sudah dimodifikasi oleh bengkel Katros Garage. Konsepnya mengusung gaya bobber.

Istana Tegaskan Presiden Jokowi Tak Cawe-cawe soal Terpilihnya Anindya Bakrie jadi Ketua Kadin

Presiden Jokowi Naik Motor Cek Jalan Tol Menuju Jembatan Pulau Balang, Kaltim

Photo :
  • VIVA/Ahmad Farhan Faris

Ubahan dilakukan pada bagian eksterior, mulai dari rangka sampai dengan kaki-kaki. Meski hasil rombakan, namun motor ini tetap memenuhi syarat laik jalan karena dibekali oleh lampu dan kaca spion.

Menteri Basuki Meninjau Jalan Tol 6B dan Akses Tol IKN 6C Target Selesai Juni 2025

Meski dirancang untuk penggunaan medan aspal, namun Jokowi pernah nekat melintasi jalur lumpur di perbatasan Indonesia dengan Malaysia dengan motor tersebut.

Motor modifikasi Presiden Jokowi tercatat sudah tiga kali mengalami perubahan besar. Pertama di tahun 2018 dengan gaya chopper, lalu pada 2021 dengan gaya chopper racer dan kini dengan model bobber.

Presiden Jokowi naik motor menuju Toba, Sumatera Utara

Photo :
  • ANTARA

"Proses pembuatan motor ini sebetulnya tanpa kendala, mungkin sedikit banyak saya paham selera Bapak, hanya memajukan draft rancangan dasar langsung disetujui," ujar pemilik bengkel Katros Garage, Andi Akbar.

Sebelumnya, Presiden Jokowi pernah memiliki motor chopper hasil racikan Kick Ass Choppers bekerja sama dengan Elders Company. Kuda besi tersebut menggendong mesin Royal Enfield Bullet 350.

Motor hasil modifikasi itu memiliki warna kuning emas, dengan suspensi belakang rigid alias tanpa shockbreaker atau peredam kejut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya