Segini Konsumsi BBM Yamaha NMax Turbo Dipakai Touring Jakarta-Yogyakarta

Test ride Yamaha Nmax Turbo Jakarta-Yogyakarta
Sumber :
  • Yamaha Indonesia

Jakarta, 29 Juli 2024 –  Sejak diluncurkan pada 12 Juni 2024 lalu, Yamaha Nmax Turbo hadir bukan dengan desain yang baru saja tapi juga teknologi terbaru. Redaksi VIVA Otomotif bersama beberapa media lainnya, berkesempatan menguji performa skutik bongsor andalan Yamaha ini.

Konsumsi BBM Mobil Toyota Ini Setara Motor Matik

Bertajuk Tour Boemi Nusantara, VIVA diajak oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) untuk touring di etape pertama. Di mana, perjalanan dimulai dari Jakarta dan berakhir di Yogyakarta.

Touring NMAX ToUR BOemi Nusantara

Photo :
  • Yamaha Indonesia
Pemerintah Tegaskan Bakal Perbaiki Kualitas BBM Subsidi, Harga Takkan Naik

Start dimulai dari Yamaha Flagship Store (FSS) Cempaka Putih, Jakarta Pusat, menuju Metland Hotel, Cirebon, Jawa Barat. Jarak yang ditempuh 243,0 kilometer seperti yang tertera pada panel instrument Nmax Turbo.

Tercatat, konsumsi BBM adalah 37.7 Km per liter. Dengan catatan, motor dibawa dengan tidak ada irit-iritan, dan kondisi jalanan pun ramai lancar.

Luhut Targetkan Aturan Pembatasan BBM Subsidi Rampung Oktober

Selama perjalanan silih berganti memakai dua mode berkendara, yakni Town dan Sport. Untuk mode Town, dipakai saat memasuki kawasan yang cukup padat dan macet, alhasil tenaga yang disalurkan mesin tetap kalem namun tetap bertenaga.

Yamaha NMAX Tour Boemi Nusantara

Photo :
  • Yamaha Indonesia

Ketika memasuki jalur panjang di Pantura, menggunakan mode Sport. Yamaha Nmax Turbo pun langsung terasa agresif, belum lagi ada firtur Y-Shift, untuk merasakan tambahan tenaga serta engine brake saat deselerasi.

Usai di Cirebon, esok harinya perjalanan pun dilanjutkan menuju Wonosobo, Dieng dengan kontur jalanan yang meliuk-liuk. Nmax Turbo masih enak melahap tikungan dan pastinya lebih aman karena Y-Shift, begitu juga dengan tanjakan bisa dilewati cukup mulus.

Yamaha Nmax Turbo menggunakan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru. Dengan sentuhan pembaruan di sektor jantung pacu, NMAX Turbo mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW / 8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm / 6.500 Rpm.

Test ride Yamaha Nmax Turbo Jakarta-Yogyakarta

Photo :
  • Yamaha Indonesia

Performa mesin baru turut dioptimalkan dengan adanya teknologi canggih terbaru, yaitu YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional. Selama perjalanan, motor "meminum" bensin RON 92 (Pertamax).

Setelah menginap semalam di Dieng, hingga akhirnya perjalanan pun terhenti di Candi Prambanan, karena bergabung dengan acara perdana Yamaha Maxi Day 2024. Dalam layar multi informasi display (MID) Nmax Turbo, terlihat total perjalanan adalah 699,5 Km dari Jakarta.

Konsumsi BBM Yamaha Nmax Turbo

Photo :
  • VIVA.co.id/Muhammad Indra Nugraha

Dengan awak redaksi VIVA yang memiliki berat badan 60 Kg, konsumsi BBM selama perjalanan 38.2 Km per liter. Sebagai catatan, hasil pengetesan tentunya bakal berbeda-beda, tergantung dari gaya berkendara, bobot pengendara, dan kondisi lalu lintas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya