Federal Oil Dukung Pemberantasan Oli Palsu di Pasaran

Pelumas Federal Oil
Sumber :
  • Federal Oil

Jakarta, 29 Juli 2024 –  Peredaran pelumas atau oli palsu masih marak di Tanah Air, tentunya hal tersebut tak hanya merugikan produsen tapi juga masyarakat sebagai konsumen. Maka itu, Federal Oil yang merupakan lini merek dari PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) mendukung pemberantasan oli palsu di pasaran.

Dilelang Motor Balap Ducati Ini Harganya Setara Beli 7 Alphard Baru

Sepanjang tahun 2017 hingga 2024, Federal Oil™ telah bekerjasama dengan Asosiasi Pelumas Indonesia (ASPELINDO) beserta jajaran terkait dan telah berhasil mengungkap peredaran pelumas yang tidak sesuai spesifikasi di beberapa daerah di Indonesia.

Khususnya pada kuartal 1 dan kuartal 2 tahun 2024 ini, telah terjadi pengungkapan pelumas yang tidak sesuai spesifikasi di wilayah Jakarta dan Banten, dimana pada bulan Mei 2024 ditemukan produk Federal Oil jenis Federal Ultratec sebanyak 35 karton di Bengkel Sentosa Motor yang berlokasi di Cengkareng, Jakarta. 

Daftar Harga Honda BeAT per September 2024, Lengkap dengan Spesifikasinya

Polda Banten amankan pelaku oli palsu

Photo :
  • Polda Banten

Pengungkapan besar juga dilakukan di Komplek Biztrip Panongan, Banten pada bulan Juni 2024, ditemukan sebanyak 60 karton produk jenis Federal Ultratec yang tidak sesuai spesifikasi dan puluhan karton dari merek pelumas lain. 

Cetak Rekor, Sebanyak Ini yang Pakai Jaket Motor Buatan Jepang di Indonesia

Selanjutnya, kedua kasus ini sudah ditindaklanjuti oleh pihak berwenang, dan akan terus menjadi perhatian bagi Federal Oil dalam upaya mengungkap peredaran produk pelumas yang tidak sesuai spesifikasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Peredaran pelumas yang tidak sesuai spesifikasi ini jelas merugikan kami selaku produsen dan pemegang merek Federal Oil, serta konsumen yang selama ini telah percaya dan merasakan kualitas dari teknologi produk-produk Federal Oil yang digunakan untuk kebutuhan motor harian mereka," ujar Herry Hambali selaku B2C Sales Direktur PT EMLI, dikutip VIVA Otomotif.

"Kami terus berkomitmen bersama ASPELINDO dan berbagai pihak terkait untuk mendukung setiap upaya pengungkapan peredaran pelumas yang tidak sesuai spesifikasi di pasar pelumas tanah air, sehingga masyarakat bisa makin nyaman dalam menggunakan produk-produk Federal Oil yang sesuai spesifikasi," lanjutnya.

Ilustrasi ganti oli motor.

Photo :
  • Dok: EMLI

Sigit Pranowo selaku Ketua Umum ASPELINDO menambahkan jika penggunaan pelumas yang sesuai spesifikasi memiliki peran penting dalam merawat mesin kendaraan bermotor yang digunakan rutin. Dengan adanya peredaran pelumas yang tidak sesuai spesifikasi di pasar, dan penggunaan dalam jangka panjang dapat mengakibatkan kerugian bagi produsen dan konsumen. 

"Tentunya peran aktif dari Federal Oil dan produsen pelumas lainnya sangat membantu kami dalam mendukung upaya pemerintah untuk memberantas oknum produsen dan pengedar yang tidak bertanggung jawab," ucap Sigit.

Produk Federal Matic yang terpercaya bikin motor matic pasti makin nyaman dengan keunggulan 5% lebih hemat BBM, 5oC lebih dingin, dan tarikan lebih responsif, serta produk-produk Federal Oil lainnya yang pasti makin nyaman dan diperuntukkan untuk motor harian, seperti merek-merek motor keluaran Jepang dapat dibeli di Federal Oil Center terdekat, atau official store Federal Oil yang ada di marketplace.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya