Kawasaki Daftarkan Paten Model Motor Listrik Terbaru, Pakai Swap Baterai?

Logo Kawasaki.
Sumber :
  • newasrtcolourz

Jakarta, 15 Juli 2024 –  Kawasaki sedang mempersiapkan kembali motor listrik terbarunya. Ini terlihat dengan adanya pengajuan daftar paten dari produsen motor asal Jepang tersebut.

Punya Konsumsi BBM 67 KM per Liter, Motor Baru Ini Laku Keras

Dikutip VIVA Otomotif dari Rideapart, Senin 15 Juli 2024, memang tidak terlihat model listrik apa yang akan diproduksi tersebut. Namun, Kawasaki seperti akan mengeluarkan motor yang bisa dipakai untuk offroad atau motor trail.

Hal menarik lainnya, dari gambar paten tersebut disinyalir Kawasaki akan membuat motor listrik ini bisa memakai sistem tukar baterai nantinya. Dalam pengajuan paten, baterai sepeda motor listrik tersebut dapat dilepas. 

Terpopuler: Kuota Motor Listrik Habis, Toyota Fortuner Baru

Kawasaki patenkan model terbaru motor listriknya

Photo :
  • Rideapart

Baterai ini kemudian dapat diisi secara terpisah melalui pengisi daya. Artinya, calon pemilik sepeda motor listrik cukup menukar baterai yang sudah habis dan melanjutkan perjalanan.

Ini Dampaknya Jika Motor Injeksi Sering Dibiarkan Habis Bensin

Kawasaki merupakan bagian dari konsorsium pertukaran baterai yang lebih besar yang mencakup perusahaan anggota seperti Yamaha, Honda, Suzuki, dan bahkan CFMoto.

Di sisi lain, dalam paten tersebut baterai yang dipasangkan pada motor lebih dari satu. Artinya, motor trail ramah lingkungan tersebut akan memiliki jangkauan yang lebih jauh.

Tentunya, hal ini menjadi sangat menarik ketika ingin berpergian menggunakan motor listrik dengan jarak yang tidak dekat. Terlebih ketika dipakai yang jauh dari tempat mengecas, seperti hutan.

Paten dari Kawasaki juga tampaknya berfokus pada perangkat keselamatan yang dimaksudkan untuk mengontrol aliran arus dari baterai ke motor listrik. Disebutkannya, arus berlebih yang masuk dari baterai ke motor listrik dapat merusak komponen kelistrikan sepeda. 

Untuk mengatasi hal ini, ia menghadirkan sistem kontrol keseimbangan baterai, yang memastikan arus optimal dan masa pakai baterai. Kawasaki juga lebih fokus pada cara kerja bagian dalam sepeda motor listriknya, dibandingkan motornya sendiri.

Kawasaki Z-e1

Photo :
  • VIVA/Krisna Wicaksono

Pastinya desain nya jauh berbeda dengan model yang sudah ada yaitu Ninja listrik dan Z e-1 dan sudah dijual di Indonesia. Kawasaki Ninja e-1 dibanderol Rp149,9 juta dan Z e-1 menyentuh angka Rp146,9 juta (OTR Jakarta).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya