Jadi Motor Andalan Hakim Eman Sulaeman, Segini Harga Bekas Honda Scoopy

Model terbaru skutik Honda Scoopy
Sumber :
  • Viva.co.id/ Pius Mali

Jakarta – Honda Scoopy menjadi motor andalan Hakim Pengadilan Negeri Bandung, Eman Sulaeman. Sosoknya menjadi sorotan setelah membebaskan Pegi Setiawan sebagai tersangka kasus Vina Cirebon.

Kejutan AHM di Hari Pelanggan Nasional untuk Pemilik Motor Honda

Motor matik tersebut tercanrum dalam laporan kekayaan Eman Sulaeman kepada negara di periode 2023. Tercatat alat transportasi yang dia miliki motor Honda berkode NC11CF1C AT lansiran 2013, seharga Rp6,5 juta.

Berkaca dari tahun produksinya, motor matik tersebut merupakan Scoopy dengan sistem injeksi pertama di Indonesia. Mengigat matik bergaya retro itu pertama kali menggunakan pengabutan karburator.

Harga Motor Bekas Honda BeAT 2023 dan Yamaha Aerox 2023

Scoopy yang pertama kali hadir di Indonesia pada 2010 untuk meramaikaan segmen matik bergaya retro memiliki mesin 110cc karburator, serupa dengan BeAT dengan tenaga 8,2 PS di 8.000 rpm, dan torsi 8,3 Nm di 5,500 rpm.

Karena aturan pemerintah terkait emisi gas buang, dan efisiensi bahan bakar, sejumlah pabrikan mulai berlomba-lomba membuat motor injeksi, salah satunya diterapkan Honda pada Scoopy yang dirilis pada 2013 sampai 2015.

Lebih Murah dari Vario, Motor Matik Ini Punya Konsumsi BBM 50,3 KM per Liter

Untuk versi injeksi, volume silindernya masih serupa namun tenaganya menjadi 8,4 dk, dan torsi 8,9 Nm sedikit lebih besar, namun lebih irit. Selain itu, kapasitas bagasinya dibuat sedikit lebih lega, dan desainnya agak moderen.

Saat ini motor yang serupa dengan milik Hakim Eman Sulaeman masih cukup dicari orang, karena harga bekasnya cukup terjangkau, seperti yang disampaikan Ivan pemilik Maja Motor di kawasan Meruya, Jakarta Barat.

“Masih banyak yang nyari Scoopy FI pertama, kondisi bagus siap pakai harganya Rp6 jutaan tahun 2013-2015,” ujarnya kepada Viva Otomotif, Rabu 10 Juli 2024.

Motor matik yang satu platform dengan BeAT tersebut Saat ini sudah memasuki generasi kelima, terakhir mendapatkan perubaan besar pada 2020.

Secara tampilan, wajah Honda Scoopy baru mengalami banyak perubahan. Misalnya, lampu sein depan yang sebelumnya berbentuk horizontal dan menyatu dengan headlamp, kini dibuat vertikal atau memanjang ke atas dan terpisah dengan lampu utama. Selain itu, aksen berlubang di bagian depan juga terlihat berbeda.

Sementara lampunya sendiri sudah berjenis LED, sehingga pencahayaannya lebih terang dibanding versi sebelumnya. Tak lupa, lampu bagian belakang juga mengalami perubahan model.

Scoopy baru hadir dengan rangka baru berjenis enhanced Smart Architecture Frame atau eSAF. Kabarnya, dengan rangka tersebut, bobot kendaraan menjadi delapan persen lebih ringan dibanding versi sebelumnya. Sehingga, nyaman saat melaju di permukaan jalan tak rata atau berundak.

Beralih ke bagian fitur, Honda Scoopy baru tampil menonjol dengan sejumlah pembaruan. Misalnya, penyematan panel instrumen LCD yang memuat banyak informasi seputar kendaraan, soket pengisian daya ponsel, ISS, serta multi function hook.

Khusus untuk varian Stylish dan Prestige, PT AHM melengkapinya dengan satu fitur tambahan, yakni smart key system yang telah terintegrasi dengan answer back system dan anti theft alarm. Sehingga secara harga Scoopy baru tipe itu lebih mahal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya