Motor Paling Irit di Dunia Meluncur Hari Ini, Bisa Pakai Bensin dan Gas

Motor Bajaj buatan India.
Sumber :
  • www.motoroids.com

VIVA – Untuk menyambut era ramah lingkungan, berbagai cara dilakukan oleh produsen kendaraan. Salah satunya mengkombinasikan dua sumber penggerak, antara mesin pembakaran dengan listrik berbasis baterai.

Innova Zenix Diskon Besar-besaran, Unit Ready Stock

Kendaraan dengan dua sumber energi itu disebut hybrid. Namun umumnya hybrid diterapkan pada mobil, menggabungkan mesin bensin, motor listrik serta baterai yang bekerja secara paralel, dan seri alias bersamaan.

Diler Bajaj di India

Photo :
  • Thefederal
Salin Bensin ke Botol Sambil Merokok, Pria di Bima Alami Luka Bakar Sekujur Tubuh

Kemudian ada mild hybrid yang masuk kategori ringan, di mana sumber penggerak utamanya tetap dari mesin bensin, namun ada tenaga listrik untuk membantu menekan penggunaan bahan bakar saat stop and go.

Selain itu ada juga hybrid yang di mana fokus mesin bensin hanya sebagai genset, atau generator yang akan hidup untuk mengisi baterai, karena penggerak utama rodanya adalah listrik, alias dinamo.

Pertamina EP dan Reethau Group Teken PJBG Dorong Kemandirian Energi Nasional

Terbaru salah satu pabrikan asal India, yaitu Bajaj Auto akan memperkenalkan motor hybrid pertama di dunia yang mengadopsi sistem kerja hybrid, namun dengan dua bahan bakar berbeda, yaitu gas, dan bensin.

Sebenarnya bukan teknologi baru untuk mobil, karena sebelumnya pernah diterapkan di beberapa taksi Bluebird yang mengandalkan Avanza Transmover. Sehingga mobil Low MPV itu bisa berjalan dari bensin, atau gas.

Melalui teaser di website resmi Bajaj Auto, Jumat 5 Juli 2024 mereka akan meluncurkan motor hybrid barunya itu secara global. Diklaim menjadi motor paling irit di dunia dengan bahan bakar bensin, serta gas alam terkompresi, alias CNG.

Dalam tayangan kisi-kisi produk barunya tersebut, Bajaj menyebut motor hybrid itu adlaah Freedom 125, untuk mode pergantian bahan bakar bisa dipindahkan hanya dengan menekan tombol sklar di setangnya.

Diduga kode 125 di belakang namanya itu adalah tanda dari kapasitas mesinnya, sehingga ditargetkan menjadi motor harga terjangkau, yang irit BBM.

Menurut beberapa informasi, termasuk yang diberikan Paultan.org, Freedom 125 bukan lahir sebagai motor matik, melainkan motor sport telanjang, alias naked bike.

Motor batangan dengan dua sumber bahan bakar itu memiliki gaya klasik, dengan lampu bulat, jok memanjang, dan tenaganya diperkirakan 10 dk saat pakai bensin, dan sedikit menurun ketika pakai gas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya