Motor Matik Baru Yamaha Cuma Butuh 95 Liter Dalam Pemakaian Satu Tahun

New Yamaha Cygnus Gryphus 125cc
Sumber :
  • Yamaha

VIVA – Yamaha baru saja meluncurkan motor matik terbarunya, yaitu Yamaha Cygnus Gryphus dengan sejumlah perubahan, baik dari sisi warna, fitur-fitur yang lebih moderen untuk memudahkan pengguna.

Punya Uang Pas-pasan Segini DP dan Cicilan Yamaha Grand Filano Paling Murah

Motor matik itu memiliki fitur canggih yang meliputi kunci pintar, sistem pengereman ABS, dan cakram, traksi kontrol untuk mencegah motor tergelincir, port USB 3.0 untuk pengisian daya baterai handphone.

New Yamaha Cygnus Gryphus 125cc

Photo :
  • Yamaha
Yamaha Luncurkan Motor Matik Canggih dengan Bagasi Luas, Harganya Segini

Terdapat Yamaha Connect, sehingga motor bisa terhubung ke smartphone melalui aplikasi, dan pemilik bisa memantau lokasi terakhir motor di parkir, gaya berkendara, konsumsi bahan bakar, dan kondisi lainnya.

Bahkan untuk varian tertinggi odometernya sudah full digital dengan layar TFT, atau penuh warna berukuran 4,3 inci yang bisa menampikan peta jalan, kondisi cuaca, serta musik yang sedang diputar di gadget.

Lebih Murah dari BeAT, Motor Honda Ini Punya Konsumsi BBM 58 KM Per Liter

Motor matik baru Yamaha itu dibekali mesin bensin satu silinder berkapasitas 124cc SOHC dengan empat katup, berpendingin cairan. Enjin tersebut dilengkapi teknologi buka tutup katup, VVA (Variable Valve Actuation).

Mesin tersebut ruang kompresinya 11,2 banding satu, cukup padat dengan diameter pison 52 mili meter. Tenaga maksimal yang bisa disemburkan 12 dk di 8.000 rpm, dan torsi 11 Nm di 6.000 rpm, disalurkan lewat transmisi matik CVT.

Meski tergolong besar untuk tenaga mesin dengan volume silinder tersebut, namun Cygnus Gryphus punya konsumsi bahan bakar minyak, atau BBM cukup irit berdasarkan hasil pengujian internal mereka.

Melalui keterangan resmi di website Yamaha Taiwan, konsumsi BBM motor matik tersebut 47,6 kilometer per liter, artinya jika bahan bakar terisi penuh di tangki yang kapasitasnya 6,1 liter, motor itu bisa jalan sejauh 290 km.

Melalui aturan pemerintah setempat, yang diatur dalam Kementerian Energi dan Ekonomi maka setiap kendaraan bermotor keluaran baru perlu mengakumulasikan pengeluaran BBM per tahun.

Berdasarkan pengujian internal mereka, selama 12 bulan pemakaian BBM jika rata-rata jarak tempuhnya sampai 4.500 km, hanya 95 liter. Lalu berapa biaya yang perlu dikeluarkan pemilik motor tersebut?

Merangkum dari beberapa sumber media dari negara tersebut, harga bensin dengan oktan 92 pada kuartal pertama tahun ini masih di angka 29 dolar Taiwan, atau setara Rp14 ribuan. Jika penggunaan bensin 95 liter selama satu tahun, maka biayanya Rp1,3 jutaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya