Yamaha Luncurkan Motor Matik Canggih dengan Bagasi Luas, Harganya Segini

New Yamaha Cygnus Gryphus 125cc
Sumber :
  • Yamaha

VIVA – Belakangan ini Yamaha gencar merilis motor baru di pasar global dengan fitur-fitur moderen, serta teknologi terbaru. Setelah NMAX Turbo di pasar Indonesia, mereka menghadirkan beberapa motor matik baru.

Motor Paling Irit di Dunia Meluncur Hari Ini, Bisa Pakai Bensin dan Gas

Salah satunya Yamaha Cygnus Gryphus baru untuk pasar Taiwan. Motor matik bergaya sporti itu dibekali segudang fitur canggih, dengan warna khas balap perpaduan putih-hitam, biru-hitam, serta matte abu-abu.

Sekilas wajahnya mirip XMAX, dengan lekukan tajam yang memisahkan dua lampu utamanya yang sudah LED, serta lampu sein di sisi kiri, dan kanan secara terpisah, begitupun dengan spakbor depannya.

Motor Matik Baru Yamaha Cuma Butuh 95 Liter Dalam Pemakaian Satu Tahun

Kemudian kepala, atau batok atas sekilas mirip Soul GT, namun melihat bagian dashboard dan pijakan kakinya yang lebar mengedepankan ciri khas maxi. Bodi belakang sekilas agak mirip Honda Forza cuma lebih kompak.

Motor matik itu juga punya jok lebar, dan panjang, dengan behel alloy model terpisah di sisi kanan, dan kiri bodi belakang. Pada sektor kaki-kaki, Cygnus baru masih mengadopsi suspensi teleskopik di depan, dan belakang suspensi ganda yang tinggi.

Punya Uang Pas-pasan Segini DP dan Cicilan Yamaha Grand Filano Paling Murah

Untuk velg ukurannya 12 inci seperti motor matik Vespa, dan Honda Scoopy, sehingga dengan balutan ban tubeless 120/70 depan, dan belakang 130/70, terlihat membulat seperti donat, dan lebih padat.

Meski tergolong motor matik kompak, sistem pengeremannya sudah disk brake, atau cakram dengan ukuran piringan 230 mili meter belakang, dan depan 245 mm yang mengandalkan kaliper satu piston, dan dilengkapi ABS.

Secara dimensi panjang motor matik itu 1.935 mm, lebar 690 mm, dan tinggi 1.160 mm, untuk jarak roda depan ke belakang 1.340 mm, dan tinggi jok 785 mm. Untuk posisi tangki dengan kapasitas 6,1 liter diletakkan di depan.

Artinya untuk pengisian bahan bakar, pengemudi tidak perlu membuka jok. Karena di balik jok dijadikan bagasi yang tergolong luas, melalui website Yamaha Taiwan, tempat penyimpanan itu cukup untuk helm full face.

Sementara fitur-fitur canggih yang tersemat di Cygnus Gryphus baru itu meliputi, kunci pintar, traksi kontrol untuk mencegah motor tergelincir, port USB 3.0 untuk pengisian daya baterai handphone.

Selain itu terdapat Yamaha Connect, sehingga motor bisa terhubung ke smartphone melalui aplikasi, dan pemilik bisa memantau lokasi terakhir motor di parkir, gaya berkendara, konsumsi bahan bakar, dan kondisi lainnya.

Bahkan untuk varian tertinggi odometernya sudah full digital dengan layar TFT, atau penuh warna berukuran 4,3 inci yang bisa menampikan peta jalan, kondisi cuaca, serta musik yang sedang diputar di gadget.

Bermodal spesifikasi tersebut, maka tidak heran jika harga motor matik baru Yamaha yang punya mesin 125cc itu dibanderol mulai 88,300 dolar Taiwan, atau setara Rp44 juta. Untuk konsumsi BBM, dan tenaga dari mesinnya di artikel selanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya