Hitungan Hari Yamaha NMAX Turbo Laku Keras, Banyak Orang Penasaran

Yamaha Nmax Turbo
Sumber :
  • VIVA/Muhammad Indra Nugraha

VIVA – Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan Yamaha NMAX Turbo. Motor matik yang masuk keluarga maxi tersebut diproduksi lokal oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Mimpi Mau Kredit Yamaha XMAX 250 Baru, Jangan Kaget Lihat Cicilannya

Selain desain, dan jantung pacunya berubah, motor maxi andalan Yamaha itu juga mendapatkan fitur-fitur baru. Khusus tipe tertinggi tersemat sistem GPS yang terhubung ke odometer melalui smartphone, seperti XMAX 250.  

NMAX Turbo yang memiliki teknologi berupa tenaga tambahan tersebut hanya tersedia dalam 3 varian, lalu 2 varian lainnya mendapatkan ubahan pada sektor mesin, fitur, dan tampilan secara keseluruhan.

Yamaha Masih Jual NMax Model Lama di Indonesia, Kenapa?

Soal harga, non turbo yaitu Neo dibanderol Rp32,700 juta, dan Neo S Rp33,700 juta. Sedangkan Turbo Rp37,750 juta, Turbo Tech Max Rp43,250 juta, dan tertinggi Turbo Tech Max Ultimate Rp45,250 juta.

Salah satu ubahan yang mencuri perhatian adalah untuk varian NMAX Turbo tidak lagi menggunakan roller, sebab pulley digerakkan secara elektrik sehingga kerja transmisi CVT (Continuously Variable Transmission) berbeda.

Pabrikan berlogo garpu tala itu menyebutnya YECVT (Yamaha Electric CVT), diklaim mampu memberikan sensasi turbo saat berkendara, atau adanya tenaga tambahan.

Yamaha Lexi 155 di Negara Ini Punya Warna Berbeda dan Lebih Mahal dari RI

Sistem elektrik itu bisa memaksa CVT bekerja lebih keras dengan putaran tinggi, sehingga terasa ada dorongan tenaga dari sistem transmisi matiknya tersebut.

Energi kinetik dari putaran transmisi itu dibagi menjadi 3 tingkatan, yang bisa diatur secara manual melalui tombol Turbo Y-Shift, yaitu low, medium, dan high. Bukan hanya menambah tenaga, namun ada sensasi engine brake.

Secara basik mesin NMAX Turbo serupa dengan Lexi LX 155 sehingga torsinya ada sedikit peningkatan. Mesin satu silinder SOHC berkapasitas 155cc itu dilengkapi 4 katup, dan kompresi ruang bakarnya 11,6 banding satu.

Bermodal ubahan tersebut, ternyata banyak yang penasaran dengan produk terbarunya itu, terutama NMAX Turbo. Seperti disampaikan Assistant General Manager Marketing – Public Relation, PT YIMM, Antonius Widiantoro.

“Positif sih, konsumen itu penasaran. Jadi bukan hanya di Blibli, di PRJ, dan diler-diler responnya sangat-sangat luar biasa,” ujar Anton sapaan akrabnya di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis 27 Juni 2024.

Bukti penerimaan positif masyarakat terhadap varian turbo itu terlihat dari penjualannya di e-commerce tersebut. Satu hari setelah peluncuran pada 12 Juni 2024 lalu, sebanyak 1.000 unit semua tipe NMAX terjual dalam waktu 40 menit.

“Dari 5.000 unit yang kita alokasikan habis di Blibli, alokasi yang turbo itu 40 persen 24 jam habis, sisanya Neo. Ternyata banyak antusias Turbo baik tipe menengah sampai tipe atas,” tuturnya.

Terkait penjualannya secara keseluruhan, baik dari diler, atau di ajang Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang sedang berlangsung, Anton enggan mengungkapkan rincian datanya, karena baru seumur jagung, namun jumlah pemesanan terus bertambah.

“Nantilah baru beberapa hari kan setelah diluncurkan, kalau untuk pengiriman unit di Juli karena menjadi kado ulang tahun Yamaha (bulan depan),” sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya