Honda Luncurkan Motor Matik Baru, Harganya Gak Cocok Buat Kaum Pas-pasan

Honda Ruckus motor matik 50cc
Sumber :
  • Greatbiker

Amerika – Honda menjadi salah satu pabrikan motor yang kerap menawarkan produk untuk para penghobi di pasar global, termasuk di Indonesia. Tercatat ada beberapa jenis motor yang menyasar segmen tersebut.

Yamaha Lexi 155 di Negara Ini Punya Warna Berbeda dan Lebih Mahal dari RI

Untuk pasar Tanah Air dua motor mungil Honda di kelas tersebut ada ST125 Dax, dan Monkey yang dibanderol Rp80 jutaan. Sedangkan untuk memuaskan pecinta motor bebek klasik, ada Supercub C125, dan CT125.

Soal harga Supercub C125 menjadi motor penghobi paling terjangkau dengan banderol Rp77 jutaan, sedangkan CT125 harganya sudah Rp80 jutaan. Dan keempat produknya itu statusnya impor dari Jepang, dan Thailand.

Astra Otoparts Perkenalkan Ban Balap Terbaru

Meskipun secara volume penjualan tidak sebesar produk massal mereka, namun motor tersebut cukup mendulang kesuksesan. Sehingga di beberapa negara pun Honda bermain di kelas yang sama, dengan produk berbeda.

Salah satunya di Amerika, melalui Honda Powersport sebagai produsennya telah merilis Honda Ruckus edisi 2025. Motor matik kompak yang tidak diselimuti bodi tersebut harganya juga tegolong fantastis.

Bergaya Klasik, Intip Harga Terbaru Yamaha Fazzio dan Grand Filano per Juni 2024

Meski hanya menggendong mesin 50cc, namun banderol Ruckus mencapai 2.899 ribu dollar, atau setara Rp47,5 juta. Lebih murah dari Monkey, atau ST125 Dax namun keduanya punya kapasitas mesin lebih besar.

Berkaca dari harganya tidak semua orang bisa membeli matik tersebut, terutama mereka yang berkantong pas-pasan. Bahkan harganya lebih mahal dari Honda PCX 160 yang secara teknologi, fitur, dan mesin lebih unggul.

Motor matik telanjang itu mengadopsi rangka belakang berbahan baja, dan bagian depan terbuat dari aluminium. Sehingga bukan hanya bentuknya yang ringkas, namun bobotnya juga ringan, tapi bisa digunakan orang dewasa.

Secara total bobotnya hanya 88 kilogram, dengan jarak poros roda depan ke belakang 1.265 mili meter, dan tinggi jok 735 mm. Motor matik tersebut memiliki suspensi depan model teleskopik berukuran 55 mm.

Sedangkan peredam kejut di belakang model mono shock dengan swing arm kecil, lalu ukuran velg 10 inci, dibalut ban 120/90 depan, dan belakang 130/90. Motor tersebut hanya memiliki bodi di bagian depan.

Kemudian dashboard, serta footstep yang menyambung untuk menutup roda belakang, ditambah spakboar agar tidak ada cipratan air ketika berjalan di jalan yang basah. Lalu terdapat tangki berukuran 5 liter.

Soal jantung pacunya, Ruckus menggendong mesin bensin satu silinder berkapasitas 49cc SOHC berpendingin udara. Ukuran pistonnya hanya 38 mm, dengan ruang kompresi 11,9 banding satu, dengan sistem injeksi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya