Adu Performa Mesin Yamaha Nmax Turbo Vs Honda PCX 160, Mana Lebih Kencang?
- PT. Astra Honda Motor
Jakarta, 13 Juni 2024 – Yamaha Nmax terbaru kini memakai embel-embel Turbo di belakangnya, membuat persaingan di segmen skutik bongsor menjadi lebih sengit. Namun bagaimana performa mesinnya jika diadu dengan Honda PCX 160?
Nmax Turbo yang baru saja meluncur di Indonesia, memakai teknologi baru Electric Continuosly Variable Transmission (YECVT) yang dikawinkan dengan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru. NMAX Turbo mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW / 8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm / 6.500 Rpm.
Tenaganya sama seperti Nmax generasi sebelumnya, tapi torsinya naik 0,3 Nm. Mesin Nmax baru memiliki volume silinder 155,09 cc dengan bore x stroke 58 mm x 58,7 mm, lalu mesinnya punya rasio kompresi 11,6:1.
Teknologi YECVT sendiri menggantikan sistem CVT konvensional atau tanpa roller. Artinya, fungsinya digantikan dengan komponen elektronik yang cara kerjanya fleksibel dan membantu akselerasi lebih instan.
Lalu bagaimana dengan Honda PCX 160? Di atas kertas, PCX memang memiliki kapasitas mesin lebih besar ketimbang Nmax, di mana dijejali mesin 4-Katup, eSP+ dengan kapasitas 156,9cc.
Untuk mesin Honda PCX 160 memiliki ukuran bore x stroke 60 x 55,5 mm dan rasio kompresi 12:1. Dengan spek tersebut, Honda PCX 160 sanggup mengeluarkan tenaga hingga 11,8 kW/8.500 rpm dan torsi maksimal 14,7 Nm/6.500 rpm.
Artinya, di atas kertas tenaga dan torsi mesin Honda PCX 160 lebih unggul dibanding Nmax Turbo, jika menilik pada data yang dirilis. Soal harga, Honda PCX 160 mulai dari Rp33 jutaan hingga Rp36 jutaan, sedangkan Nmax dijual mulai Rp32 jutaan dan versi Turbo tembus di angka Rp43-45 jutaan.