Begini Cara Kerja Yamaha Nmax Turbo yang Sudah Tak Pakai Roller
- VIVA/Muhammad Indra Nugraha
Jakarta, 13 Juni 2024 – Yamaha Nmax terbaru telah resmi diluncurkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM) dengan embel-embel Turbo di belakangnya. Lantas Turbo seperti apa yang ada pada skutik bongsor jagoan Yamaha ini?
Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing & Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, turbo pada NMAX bukanlah sistem induksi paksa yang dapat menambah tenaga mesin dari gas buang kendaraan.
Melainkan peningkatan performa mesin melalui teknologi baru Yamaha Electric Continuosly Variable Transmission (YECVT) untuk mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru. NMAX Turbo mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW / 8.000 Rpm dan torsi maksimal sebesar 14,2 Nm / 6.500 Rpm.
Performa mesin baru turut dioptimalkan dengan adanya teknologi canggih terbaru, yaitu YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional atau tanpa roller. Artinya, fungsinya digantikan dengan komponen elektronik yang cara kerjanya fleksibel dan membantu akselerasi lebih instan.
"Si YECVT itu adalah kuncinya. Fungsi roller yang biasa ada pada CVT konvensional untuk menggerakan puli primer itu digantikan dengan motor penggerak sehingga proses perpindahannya bisa diatur," ujar Anton Widiantoro, usai peluncuran, Rabu 12 Juni 2024.
"Kita bisa memaksa putarannya lebih cepat, kalau roller konvensional memanfaatkan gaya sentrifugal. Kemudian roller itu kan sifatnya bisa menyusut seiring pemakaian makanya ada periode penggantian. Adanya motor penggerak ini tidak dibutuhkan kembali roller tadi, prosesnya lebih cepat. Ini membantu akselerasi, makanya ada sensasi turbo," lanjutnya.
Dengan penggunaan teknologi ini, maka NMAX “TURBO” telah memiliki fitur Riding Mode yang menawarkan 2 mode berkendara, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring). Dua mode tersebut dioperasikan melalui tombol “Mode” pada bagian depan stang kemudi kiri.
Selain adanya Riding Mode, ada juga fitur lain berupa Y-Shift yang tombol pengoperasiannya terletak di bawah stang kemudi kiri. Di mana, ada 3 tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3).
"Untuk mesin kita pakai Blue Core generasi terbaru, jadi benar-benar menggunakan 155 cc VVA. Lexi LX secara power dan torsi sama, basis mesinnya sama kemudian ditambahkan YECVT dan diatur oleh TCU (transmision control unit).