Punya Uang Segini Pilih Honda BeAT Baru, atau Yamaha NMAX Bekas

Sepeda motor bekas di showroom sukses motor Kelapa Dua
Sumber :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur

Jakarta – Motor menjadi alat transportai yang digandrumi masyarakat Indonesia. Saking banyaknya pilihan, ada pertimbangan tersendiri sebelum membeli, terutama jika harga motor baru setara dengan motor bekas.

Nekat Terobos Jalur Busway Pengguna Yamaha NMAX Ini Panik

Salah satunya saat PT Astra Honda Motor (AHM) resmi meluncurkan All New Honda BeAT. Motor matik sejuta umat itu ditawarkan dalam beberapa varian, dan harganya setara dengan Yamaha NMAX 155 bekas.

All New Honda Beat 2024

Photo :
  • Astra Honda Motor
Knob Kunci Motor Smart Key Tidak Bisa Diputar, Segera Lakukan Ini

Honda BeAT generasi baru itu dibanderol mulai Rp18,430 juta untuk tipe CBS, lalu Rp19,300 juta tipe Deluxe, dan Rp19,830 juta tipe Deluxe Smart Key, atau sudah dilengkapi kunci pintar.

Harga tersebut setara dengan banderol NMAX bekas, yang secara kasta motor dari keluarga maxi itu lebih tinggi dari BeAT baru. Seperti yang disampaikan Ivan pemilik showroom Prima Maja Motor di Meruya Selatan.

Terpopuler: Honda Luncurkan BeAT Baru, Kijang Innova Semakin Susah Dikejar

“Kalau NMAX tahun 2019 sekarang Rp18,5 juta, ada juga yang jual Rp19 juta,” ujar Ivan kepada Viva Otomotif, Kamis 6 Juni 2024.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing pertama kali resmi merilis NMAX, pada Februari 2015, kemudian pada 2017 menapatkan penyegaran alias facelift, dan memasuki 2019 hadir versi terbarunya.

NMAX bekas yang dimaksud dengan harga Rp18-19 juta itu adalah versi terbaru yang masih dijual sampai saat ini. Model itu mendapatkan perubahan cukup signifikan, mulai dari bodi, fitur, dan dapur pacunya.

Pada bagian kaki-kaki suspensi depan teleskopik, dan suspensi belakang model tabung. Desain velgnya serupa, berukuran 13 inci dibalut ban 130/70 belakang, dan depan 110/70.

Untuk mempermudah dalam mendapatkan informasi terkait kondisi motor, tersebut bisa terhubung dengan smartphone melalui Y-Connect. Di Jepang, fitur itu memiliki nama SCCU atau Simple Communication Control Unit.

Sistem konetivitas itu membuat pemilik bisa memantau posisi terkakhir motor diparkir, konsumsi bahan bakar, jarak tempuh, hingga gaya berkendara, dan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan, atau servis motor.

Fitur lainnya meliputi kunci pintar, atau smart key system dengan immobilizer, dan answer back system yang berperan penting untuk mempermudah pemilik mencari motor saat parkir.

Kemudian untuk mempermudah pengisidan daya baterai smartphone terdapat elektrik power socket, panel instrument atau odometer sudah full digital yang memberikan berbagai informasi yang cukup lengkap.

Jantung pacunya dipersenjatai mesin bensin satu silinder berkapasitas 155cc dengan komoresi ruang bakar yang lebih padat dibandingkan generasi sebelumnya. Tenaga maksimal 15,5 dk di 8.000 rpm, dan torsi 13,9 Nm di 6.500 rpm.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya