Yamaha Maxi dan Classy Jadi Tulang Punggung Penjualan di Yogyakarta
- Yamaha Indonesia
Yogyakarta, 6 Mei 2024 – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memiliki banyak model untuk penjualannya. Namun untuk segmen skutik, masih mengandalkan model maxi dan juga classy sebagai tulang punggung penjualan mereka.
Kedua segmen itu juga yang terbukti menjadi penjualan terbanyak di Yogyakarta dari brand asal Jepang itu. Skutik seperti NMax, Lexi, dan juga Aerox serta Fazzio dan Grand Filano cukup laris manis di Kota Pelajar.
"Untuk maxi kira-kira kontribusinya 30 sampai 40 persen. Sementara untuk classy 15 sampai 20 persen, dan bebek atau moped 5 persen, serta sport juga 5 persen, dan sisa model matik lain," ujar Roberto Pasaribu, Chief Yamaha Area DDS 3, Yogyakarta, saat acara Clan of Classy, di Solo, Jawa tengah, Minggu 5 April 2024.
Untuk segmen classy sendiri, model Fazzio menjadi tulang punggung. Meskipun jadi segmen yang terbilang baru di pasar otomotif Tanah Air, namun penjualan sudah cukup signifikan, meskipun ia tidak memberikan informasi lebih detail terkait angka penjualannya.
"Filano dan Fazzio atensinya cukup tinggi, tapi memang suplai kita tidak terlalu banyak. Paling besar peminatnya adalah Fazzio, karena memang segmennya anak muda, dan di sana banyak pelajar hingga mahasiswa," lanjut Roberto.
Sebagai informasi, DDS Yamaha Yogyakarta sendiri, terdiri dari beberapa wilayah penjualan mulai dari Kedu, Wonosobo, Magelang, Purworejo, Kebumen, Banjarnegara, Boyolali, Purwokerto, dan juga Cilacap.
"Kalau untuk maxi, tetap masih di Yamaha NMax, tapi awal tahun ini model Aerox juga ikut tumbuh. Market anak muda lagi banyak yang ambil model ini, maka secara volume juga naik," pungkasnya.