Merek Vespa Bernilai Rp18 Triliun, Ada Peran Indonesia

Logo Piaggio/Vespa
Sumber :
  • VIVA Otomotif

Pontedera, 12 Desember 2023 - Vespa, skuter legendaris asal Italia baru saja menerima valuasi brand yang luar biasa, yaitu lebih dari 1 miliar euro! Angka tepatnya adalah 1,079 juta euro, atau sekitar Rp18,1 triliun.

Shopee Ungkap Penjualan Produk UMKM Brand Lokal Naik 7 Kali Lipat pada Momen Ini

Valuasi ini didapat dari studi independen yang dikomisi oleh Piaggio Group, perusahaan induk Vespa dan dilakukan oleh konsultan brand Interbrand.

Menurut Vespa, Interbrand menggunakan metode valuasi brand yang telah terbukti dan menggabungkan analisis keuangan dengan data kualitatif dan kuantitatif yang dikumpulkan melalui riset pasar global di 10 pasar utama Vespa.

Pameran Otomotif IIMS 2025 Siap Digelar 13-23 Februari, Siap-siap Ada Brand Baru Hadir

Dikutip VIVA Otomotif dari laman Visordown, 10 negara yang dimaksud adalah Italia, Prancis, Jerman, Spanyol, Amerika Serikat, Vietnam, Thailand, Indonesia, Tiongkok, dan India.

Booth PT.Piaggio Indonesia di Vespa World Days 2022 Bali

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur
Polemik Merek Kaso dan KasoMAX, Pengusaha Ajukan Kasasi ke Mahkamah Agung

Studi ini menemukan bahwa kerja sama Vespa dengan brand global ternama seperti Disney Pixar, Lucas Film dan Dior. Edisi khusus Mickey Mouse Primavera disebut telah memperkuat posisi Vespa sebagai ikon global.

"Laporan tersebut menegaskan bahwa Vespa secara global dipandang lebih dari sekadar sebuah skuter," kata juru bicara Vespa.

Global Chief Strategy Officer Interbrand, Manfredi Ricca mengatakan bahwa banyak orang menggunakan istilah ikonik yang tidak pada tempatnya. Namun khusus untuk Vespa, kata itu dianggap sangat sesuai.

"Vespa adalah merek warisan, namun terus berkembang; ini adalah simbol Italia, namun dicintai secara global; ini premium, namun inklusif. Penilaian kami tidak hanya menetapkan nilai numerik dari keberhasilan brand yang diinginkan dan diminati ini - tetapi juga menunjukkan bagaimana Vespa dapat menandakan kebebasan menikmati hidup jauh melampaui batas mobilitas,” ujarnya.

Dengan valuasi brand 1 miliar euro ini, Vespa semakin kokoh sebagai merek premium yang bernilai tinggi. Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi Piaggio Group dan seluruh penggemar Vespa di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya