Suzuki Belum Minat Bawa Saluto ke Indonesia, Ini Alasannya

Suzuki Saluto 125
Sumber :

Tangerang – Suzuki telah meluncurkan skutik Saluto di pasar Taiwan sejak 2020, tetapi sampai sekarang kendaraan bergaya retro ini belum memasuki pasar Indonesia

Lakukan Pencucian Uang hingga Dagang Narkoba, Indonesia Deportasi 13 WN Taiwan

Menanggapi hal tersebut, M. Razwankaizar selaku Section Head Domestic Sales & Digital Marketing 2W PT Suzuki Indomobil Sales mengungkapkan bahwa banyak pertimbangan untuk menghadirkan Saluto di pasar Tanah Air. 

"Saluto itu bagus secara pasar. Banyak yang mau. Tapi ada pertimbangan, salah satunya keputusan dari global," ujar Razwan saat ditemui di ICE BSD, Tangerang, dikutip VIVA Otomotif Selasa 31 Oktober 2023.

BBM Langka di Labuan Bajo, Ternyata Ini Penyebabnya

Suzuki Saluto 125

Photo :
  • Greatbiiker

Menurut Razwan, alasan Suzuki belum menjual Saluto ke pasar Indonesia juga terletak di harga.

Ternyata Ada Perbedaan Cara Berkendara Truk Saat Musim Hujan

"Harga juga menjadi pertimbangan. Karena itu kan impor ya, kita kan mempertimbangkan harganya. Kalau itu (Saluto 125) masuk ke sini (Indonesia), pasti tinggi tuh harganya," jelas Razwan. 

Razwan juga mengatakan bahwa Suzuki saat ini masih berfokus untuk mendatangkan kendaraan baru yang di produksi dari India. Sementara untuk Saluto sendiri merupakan hasil produksi Suzuki Taiwan. 

Sekadar diketahui, pada ajang IMOS 2023, Suzuki lebih memilih menghadirkan Burgman Street 125 EX untuk konsumen Indonesia, yang dibanderol Rp 24,7 Juta berstatus OTR DKI Jakarta. 

"Kita memilih untuk memasukan Burgman Street 125 EX terlebih dahulu karena kita kan salah satu produksi global dari India. Kalau Saluto dari Taiwan, jadi butuh pertimbangan (keputusan) global," katanya. 

Sebagai informasi, Suzuki Saluto 125 telah dibekali mesin satu silinder berkapasitas 124cc dengan sistem pendingin udara Suzuki Eco Performance (SEP) dengan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 5,5 liter. Diketahui, mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 9,26 daya kuda dengan torsi mencapai 10 Newton meter.

Suzuki Saluto 125

Photo :
  • Supermoto8

Berkaitan dengan desain, Saluto 125 memiliki desain retro modern khas Eropa, yang membuat kendaraan ini memiliki daya tarik tersendiri karena kesan elegan yang ditampilkan. 

Lalu, Saluto 125 ditawarkan dengan fitur-fitur seperti keyless, tutup pengisi bahan bakar eksternal, slot pengapian multi-fungsi, lampu hazard, serta konsol instrumen semi-digital. 

Kemudian, tangki bahan bakar ditempatkan di bawah floorboard, yang memberikan skuter ini tempat penyimpanan di bawah jok yang besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya