Indonesia Harus Bisa Produksi 2 Juta Motor Listrik

Bamsoet jajaki kerja sama Indonesia, Korea Selatan produksi dinamo motor listrik
Sumber :
  • Press release

Korea Selatan – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mencanangkan bahwa Indonesia harus bisa memproduksi sendiri 2,45 juta unit motor listrik pada 2023. Untuk mereleasasikan hal ini, investasi dari perusahaan internasional bisa menjadi salah satu solusi.

Industri Tekstil Nasional Tengah Terpuruk, Ini Kata Menperin

Saat ini, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo sedang menjajaki kerja sama dengan perusahaan asal Korea Selatan, Taehwa Enterprise Co Ltd dalam memproduksi motor listrik maupun komponen pendukungnya di Indonesia.

"Kita sedang menjajaki berbagai prospek kerja sama dengan perusahaan besar Korea Selatan yang memproduksi dinamo motor elektrik, dinamo motor industri, automobile motor dan komponen nya sebagai bagian penting mesin industri," ujar Bambang Soesatyo usai bertemu dengan Presiden Taehwa Enterprise Co Ltd, Nak Kil Sung, di Kota Dae Gu, Korea Selatan, dikutip VIVA Otomotif dari keterangan resmi pada Rabu, 20 September 2023.

Konsep Ramah Lingkungan Honda Tidak Sekadar Motor Listrik

Bamsoet jajaki kerja sama Indonesia, Korea Selatan produksi dinamo motor listrik

Photo :
  • Press Release

Pria yang akrab disapa Bamsoet ini menjelaskan bahwa langkah mengajak berbagai perusahaan internasional untuk berinvestasi di Indonesia dalam memproduksi kendaraan listrik ini sebagai dukungan untuk mereleasasikan target Presiden Jokowi terkait dengan Indonesia harus bisa memproduksi sendiri 2,45 juta unit motor listrik pada 2023.

Keramik China Bakal Kena Bea Masuk hampir 200 % Bisa Picu PHK Industri, Ini Penjelasannya

"Presiden kan mencanangkan pada tahun 2030, Indonesia sudah bisa memproduksi sendiri 2,45 Juta unit motor listrik. Jadi, ini untuk mendukung target tersebut," jelas Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) ini.

Kemudian, menurut Bamsoet, Presiden Jokowi juga menargetkan jumlah motor listrik di Indonesia pada tahun 2025 bisa menembus dua juta unit, dan pada tahun 2030 mencapai 13 juta unit.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia mengatakan peluang kerja sama Taehwa Enterprise Co Ltd dengan perusahaan Indonesia untuk memproduksi motor listrik di Indonesia maupun komponen pendukungnya juga sangat terbuka lebar.

Untuk diketahui, Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia melaporkan per Februari 2023, sudah ada 52 unit pabrikan dengan 282 model motor listrik yang siap di produksi.

Hingga Februari 2023, setidaknya sudah ada 30.837 unit sepeda motor listrik yang beroperasi di jalan raya Indonesia.

Sebagai informasi, Bamsoet mengungkapkan sebagai tindakan untuk melanjuti rencana investasi ini, pada akhir tahun pihak Taehwa Enterprise Co Ltd akan berkunjung ke Indonesia untuk menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya