Kesan Pertama Tunggangi Vespa Elettrica Seharga Rp198 Juta

Test ride vespa elettrica di Jakarta
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta – Belum lama ini, PT Piaggio Indonesia (PID) meluncurkan skuter listrik pertama dari Vespa, bernama Elettrica. Ini sejalan dengan upaya mendukung pemerintah dalam percepatan elektrifikasi di Indonesia. 

Adu Spesifikasi Motor Listrik Maka Cavalry dan Alva One XP

Sebelumnya, skuter listrik ini telah diperkenalkan secara global di EICMA (Milan Motorcycle Shows) 2022, di Milan, Italia. Vespa Elettrica memasuki pasar Indonesia dengan mengusung tampilan modern dengan karakterisitik unik.

Dibekali baterai lithium-ion, Vespa Elettrica menawarkan pengalaman berkendara yang hening tanpa mengorbankan performa.

Motor Listrik United Perluas Jaringan Showroom di Jakarta Selatan

Layaknya motor listrik pada umumnya, kecepatan maksimal Vespa listrik dibatasi di 67 kilometer per jam, dengan jarak tempuh hingga 100 kilometer dalam mode Eco dan 70 km dalam mode Power.

Vespa Elettrica menggunakan motor listrik sebesar 2 kW yang dapat menghasilkan tenaga 4 kW (5,4 hp) dan torsi puncak 200 Nm.

Pindah ke Negara-negara Ini Bakal Dibayar Hingga Rp1 Miliar, Minat?

Sebagai pendatang baru di pasar Indonesia, kehadiran sepeda motor dari merek legendaris Italia ini mengundang rasa penasaran bagaimana sensasi mengendarainya.

Maka dari itu, PID mengajak beberapa awak media termasuk VIVA Otomotif untuk merasakan sensasi langsung mengendarai Vespa Elettrica dalam sesi Test Ride di area Plaza Senayan, Jakarta.

Test ride vespa elettrica di Jakarta

Photo :
  • Arianti Widya

Sebagai pengendara perempuan dengan tinggi badan 165 cm, Vespa Elettrica terasa pas saat ditunggangi karena tidak terasa berat dan kaki masih bisa menapak.

Lebih lanjut, motor listrik ini memiliki dua mode berkendara, yaitu ECO dan Power, dengan kecepatan maksimal yang berbeda.

Ketika mencoba mode ECO, tenaga yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Ini ditujukan untuk penghematan energi agar mendapatkan jarak tempuh lebih panjang.

Namun, ketika mengubah menjadi mode Power, tenaga yang dikeluarkan terasa lebih besar. Akselerasi awal juga lebih cepat terasa berbeda dengan mode ECO.

Motor listrik ini juga terdapat mode Reverse, yang berfungsi saat pengguna akan mundur ke belakang.

Terdapat panel instrumen digital berukuran 4,3 inci yang memuat berbagai informasi, seperti kecepatan, mode berkendara yang sedang berjalan, jarak tempuh yang tersisa, hingga tingkat pengisian baterai.

Untuk posisi berkendara Vespa Elettrica, jok terasa nyaman. Saat kami mencoba melewati polisi tidur atau jalanan gundakan, suspensi dari Vespa Elettrica memberikan kesan agak keras namun tidak mengganggu perjalanan.

Sebagai informasi tambahan, Vespa Elettrica tidak hanya memanjakan pengendara, tetapi juga mempertimbangkan lingkungan. Baterai memiliki efisiensi tinggi hingga 1.000 siklus pengisian penuh, dengan garansi 3 tahun.

Pada motor listrik ini juga terdapat Fitur Kinetic Energy Recovery System atau KERS yang disematkan, memungkinkan pengisian daya baterai saat perlambatan.

Selain itu, adanya sertifikasi IP65 menjadikan baterai tahan terhadap debu dan air tekanan rendah sehingga tidak perlu khawatir saat dicuci.

Berkaitan dengan harga, Vespa Elettrica dijual seharga Rp198 juta dengan status OTR Jadetabek. 

Booth Alva di IIMS 2024

Simak Daftar Motor Listrik yang Dibanderol Rp30 Jutaan

Pasar motor listrik di Indonesia tengah mengalami pertumbuhan yang signifikan. Semakin banyaknya produsen yang melirik potensi pasar ini baik merek lokal maupun internasi

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2025