Ban Khusus Motor Listrik Harga Terjangkau Resmi Meluncur

Swallow luncurkan ban khusus motor listrik
Sumber :
  • Arianti Widya

Jakarta – Perkembangan elektrifikasi di Indoonesia kian menunjukkan tren positif dalam beberapa tahun terakhir, hal ini memicu PT Industri Karet Deli (IKD) untuk meluncurkan sebuah produk ban khusus motor listrik, Swallow Voltrax pada hari ini. 

Kembangkan Program Pemberdayaan Masyarakat, Pertamina Boyong 96 Penghargaan di ISRA Award 2024

Gunawan selaku Sales Domestik PT IKD mengatakan Swallow Voltrax diluncurkan setelah adanya penelitian dan pengembangan insentif untuk menghasilkan ban motor listrik yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia

"Sebagai produsen ban terdepan, IKD melakukan penelitian dan pengembangan yang intensif untuk menghasilkan teknologi baru yang lebih baik. Maka dari itu, ban khusus motor listrik Swallow Voltrax diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengguna kendaraan listrik di Indonesia," ujar Gunawan dalam acara peluncuran Swallow Voltrax di Sudestada, Jakarta, dikutip Viva Otomotif pada Selasa, 1 Agustus 2023. 

Pemerintah Belum Bayar Kompensasi Energi ke PLN-Pertamina, Nilainya Rp 53,8 Triliun

Swallow luncurkan ban khusus motor listrik

Photo :
  • Arianti Widya

IKD menyadari meskipun prinsip dasar fungsi ban pada motor listrik sama dengan motor konvensional namun terdapat beberapa tantangan khusus yang dihadapi motor listrik sehingga harus memiliki rancangan khusus.

Distribusi BBM Sampai Pelosok dengan Harga Terjangkau, DPR: Pertamina Jaga Ketahanan Energi

Beberapa alasan tersebut antara lain adalah torsi yang lebih tinggi dan instan pada motor listrik dibandingkan motor dengan pembakaran internal sehingga ban harus mampu mengatasi torsi besar dengan cengkeraman yang lebih kuat pada permukaan jalan. 

Alasan lain adalah motor listrik memiliki berat baterai yang secara signifikan mempengaruhi distribusi berat kendaraan sehingga membutuhkan ban khusus yang dirancang dapat menjaga kestabilan.

Maka dari itu, kehadiran Swallow Voltrax ini sebagai jawaban untuk motor listrik yang membutuhkan efisiensi energi yang tinggi, "Berhubung motor listrik membutuhkan efisiensi energi yang tinggi, saya yakin teknologi Swallow Voltrax mampu membantu mengurangi hambatan gulir dan meningkatkan jarak tempuh kendaraan dengan meminimalkan kehilangan energi akibat gesekan ban," jelas Gunawan. 

Lebih lanjut, ada tiga keunggulan utama ban khusus motor listrik Swallow Voltrax, seperti berikut: 

1. Kompon Swallow Voltrax, dirancang khusus dengan rolling resistance rendah untuk menghemat penggunaan energi per kilometer. Kompon dipastikan memiliki daya tahan kikis yang lebih baik dan mengakomodir torsi tinggi motor elektrik.

2. Konstruksi Swallow Voltrax menggunakan polyester ply memberikan stabilitas dan kemampuan manuver ban yang lebih optimal, memungkinkan traksi lebih baik, membantu dalam menghasilkan energi regeneratif yang lebih efisien.

3. Pattern Swallow Voltrax yang didesain dengan sudut alur pattern memampukan ban untuk mengoptimalkan jalur pembuangan air. Kontak area ban yang lebih besar akan meningkat kemampuan cengkraman yang telah mengalami uji coba dan validasi yang ketat di berbagai kondisi lingkungan dan situasi jalan untuk mermastikan kinerja Swallow Voltrax yang konsisten dan andal.

Untuk diketahui, Swallow Voltrax baru akan dipasarkan dalam sebulan mendatang dan bisa didapatkan melalui distributor resmi IKD, di toko-toko terdekat seluruh Indonesia, atau bisa melalui marketplace dengan kisaran harga Rp179 ribu hingga Rp344 ribu. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya