Skuter Matik Bongsor Ini Bakal Hadir Versi Motor Listriknya

Suzuki Burgman 150
Sumber :

VIVA Otomotif – Suzuki sebagai produsen kendaraan bermotor ternama asal Jepang, dikabarkan sedang bersiap untuk meluncurkan produk motor listrik pertamanya di India, yaitu Suzuki e-Burgman.

Calon Motor Baru Suzuki Ini Bakal Jadi Pesaing Berat NMax dan PCX

Seperti halnya dengan produsen mobil dan motor lainnya, Suzuki berusaha untuk mengejar tren transportasi ramah lingkungan dengan mengembangkan teknologi kendaraan listrik.

Dikutip dari laman Gaadiwaadi, Jumat 31 Maret 2023, e-Burgman sendiri adalah versi listrik dari skuter maxi Suzuki Burgman. Meskipun begitu, ada beberapa perubahan signifikan pada desain dan spesifikasi teknisnya.

Makin Ramai Fenomena Motor Tanpa Pelat Nomor Belakang, Awas Bisa Dipenjara!

Tampilan e-Burgman hampir identik dengan model konvensional yang menggunakan bahan bakar. Bodinya yang bongsor mengusung desain maxi-scooter dengan fitur yang nyaman dan praktis. Namun, Suzuki menambahkan skema cat biru kontras untuk membedakan e-Burgman sebagai kendaraan listrik.

Ilustrasi gambar motor All New Suzuki Burgman 150

Photo :
  • Greatbiker
Bikers yang Beli Helm dan Apparel di IMHAX 2024 Mencapai Miliaran Rupiah

Satu hal yang paling menarik dari e-Burgman adalah baterai yang dapat ditukar. Dengan demikian, pengguna dapat dengan mudah mengganti baterai kosong dengan baterai yang penuh, tanpa harus menunggu baterai terisi ulang.

Baterai tersebut diklaim dapat menempuh jarak hingga 44 kilometer dengan kecepatan 60 km/jam. Meskipun demikian, angka ini masih harus diuji secara independen.

Selain itu, e-Burgman juga memiliki daya maksimum listrik sebesar 4KW atau 5,36 bhp dan torsi puncak sebesar 18 Nm. Kendaraan ini memiliki dimensi panjang 1825 mm, lebar 765 mm, dan tinggi 1140 mm. Bobot kosong e-Burgman adalah 147 kg, yang cukup berat dibandingkan dengan beberapa pesaingnya.

Suzuki telah mengumumkan bahwa e-Burgman akan diluncurkan di India pada akhir 2023. Skuter listrik ini akan bersaing dengan beberapa produk populer seperti TVS iQube, Bajaj Chetak, dan Ola S1 Pro.

Meskipun Suzuki belum mengumumkan harga resmi untuk e-Burgman, beberapa sumber memperkirakan bahwa harganya akan berada di kisaran Rp30 juta hingga Rp40 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya