Motor Sport Edisi MotoGP Meluncur, Harganya Ramah Dikantong?
- Rushlane
VIVA Otomotif – Setiap pabrikan motor punya cara yang sama untuk menarik minat konsumen, salah satunya melibatkan tim balap MotoGP. Hampir semua merek motor di dunia mengaplikasikan desain MotoGP untuk produk massalnya.
Mulai dari Suzuki, Yamaha, Honda, hingga KTM. Mereka menuangkan perpaduan warna, striping, dan aksesori pendukung lainnya ke dalam motor harian yang dijual secara massal.
Biasanya harga motor edisi MotoGP tersebut akan lebih mahal dari standarnya. Seperti yang dilakukan KTM untuk semua produknya di 2023, mulai dari Duke, hingga sport full fairing mereka, yaitu RC200, dan RC390.
Jenama asal Austria tersebut menerapkan desain tim balap mereka di ajang adu kebut paling bergengsi di dunia, untuk beberapa produk unggulannya di pasar global, seperti dilansir Rushlane, dan Greatbikers, Selasa 27 September 2022.
Setelah menampilkan warna baru untuk Duke pada awal bulan ini, KTM India diduga kuat akan merilis RC390, dan RC200 edisi Tech3 KTM Factory Racing, musim MotoGP tahun ini.
Warna oranye pada kedua motor sport fairing tersebut cukup mendominasi, dengan beberapa tambahan stiker, hingga nama-nama brand aftermarket di tim balap mereka juga diterapkan di kedua produk tersebut.
Namun tidak ada tulisan elf sebagai sponsor oli tim balap KTM, begitu juga dengan Micheline. Yang terlihat jelas, salah satunya adalah Akrapovic atau merek knalpot asal Swedia yang menempel pada fairing RC390, dan RC200.
Masih menurut sumber yang sama, RC200 dibanderol 214,688 ribu rupe, atau setara Rp39 jutaan, dan RC390 setara Rp58 jutaan. Secara spesifikasi, dan fitur masih serupa dengan edisi standarnya, begitu juga sektor kaki-kaki.
Kedua motor sport fairing tersebut disematkan suspensi depan upside down, dan belakang mono shock dengan per berwarna putih. Pelek alloy model palang berwarna hitam, dipadukan dengan siwng arm berukuran besar.
Desain tangki, fairing, dan bodi belakang RC200 lebih ramping dibandingkan RC390, mendominasi warna oranye yang menjadi ciri khas dari merek tersebut. Lengkap dengan tulisan tagline pabrikan di fairing, yaitu ‘Ready to Race’.
Meski dibuat agak serupa dengan desain motor KTM Factory Racing, yaitu RC16 namun jantung pacunya tetap berbeda. Volume silinder, atau kapasitas mesin motor sport fairing itu sesuai dengan kode angka di belakangnya.
Untuk RC200 dipersenjatai mesin 200cc satu silinder, berpendingin cairan. Enjin dengan sistem pengabutan injeksi itu dapat menyemburkan tenaga 25 dk, dan torsi 19,2 Nm.
Sedangkan RC390 dengan mesin satu silinder berkapasitas bersih 373,3cc dapat memuntahkan tenaga 43,5 dk, dan torsi 37 Nm. Tidak ada peningkatan tenaga meski keduanya memiliki penampilan lebih sporty.