Apa Istimewanya Honda CBR250RR Baru Warna Putih Ini

New Honda CBR250RR di Jepang
Sumber :
  • Young Machine

VIVA Otomotif – Honda CBR250RR dipasarkan di berbagai negara dengan memanfaatkan dua pabrik Honda sebagai pusat produksinya, yaitu Indonesia, dan Jepang. Untuk Thailand, motor sport fairing itu berasal dari negeri matahari terbit.

Honda Siapkan Motor Sport Baru Pesaing Kawasaki Ninja 4 Silinder

Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan Honda CBR250RR baru pada 19 September 2022, motor sport tersebut mendapatkan peningkatan fitur, dan penyesuaian di jantung pacunya sehingga lebih bertenaga.

Motor baru Honda New CBR250RR di Indonesia

Photo :
  • VIVA Otomotif/Muhammad Thoifur
Punya Tenaga Lebih Buas, Honda CBR250RR Terbaru Resmi Meluncur

Dipersenjatai enjin dua silinder berkapasitas 249,7cc dengan sistem pengabutan injeksi, alias PGM-FI. Masing-masing silinder memiliki ukuran 62 mili meter, dengan kompresi ruang bakar 11,5 banding satu untuk tipe standar.

Sedangkan tipe tertinggi, ruang bakarnya dibuat lebih padat menjadi 12,5 banding satu. Lalu seperti apa perbandingan tenaganya?

Apakah Perlu Pengguna Yamaha XMAX dan Kawasaki Ninja ZX-25R Pakai SIM C1

Tenaga maksimal yang bisa disemburkan mencapai 38,7 PS di 12.500 rpm untuk varian standar, dan torsi 23,3 Nm di 11.000 rpm. Sementara tipe tertinggi memuntahkan tenaga 42 PS di 13.000 rpm, dan torsi 25 Nm di 11.000 rpm 

Tenaga besar itu didapat karena perbedaan kompresi, atau jarak kepala piston dan klep yang semakin dekat. Hingga penyetelan ulang ECU (Engine Control Unit) untuk meningkatkan pengapian, dan asupan bensin di sistem injeksi.

Khusus tipe tertinggi, yaitu SP QS mempertahnakna fitur quick shifter untuk mengoptimalkan saat perpindahan gigi tanpa perlu mengurangi kecepatan, dan penggantian gigi tanpa menarik tuas kopling, terdapat empat mode.

Selain fitur tersebut, motor sport itu juga disematkan slipper clutch untuk tipe SP, dan SP QS untuk mengurangi resiko engine brake saat menurunkan gigi secara ektrim,sehingga bisa membantu ban belakang tidak selip.

Warna yang ditawarkan beberapa pilihan, yaitu hitam, perpaduan merah, putih, dan biru, merah dan putih, hitam dengan sasis merah, dan lain-lain.

Sejak hadir di Indonesia, CBR250RR selau memberikan warna mentereng, terutama livery Repsol yang didominasi kuning pada saat itu. Sebagai pembeda, maka di Jepang motor sport itu hadir dengan warna yang tidak biasa.

Melansir Greatbikers, Senin 26 September 2022, bertepatan dengan MotoGP Motegi, Jepang, Honda merilis penampilan baru CBR250RR dengan warna putih. Bodi, sepatbor depan, fairing, hingga pelek dilabur warna putih.

Secara desain masih serupa dengan produk di Indonesia, yang membedakan lampu seinnya dibuat terpisah di siisi fairing, suspensi depan tetap upside down warna emas, fitur quick shifter hanya tersedia di varian tertinggi.

Selain itu terdapat tiga mode berkendara, yaitu Comfort, Sport, dan Sport+, masih sama dengan model di Indonesia. Honda Jepang juga menawarkan varian Race Base dengan kelar hitam, dilengkapi aksesn HRC, dan nomor 93.

Sesuai namanya, motor sport fairing itu memiliki saluran buang yang lebih lancar, berkat knalpot racing aftermarket. Namun kedua varian CBR250RR baru itu belum dijual, meski ditargetkan sebelum akhir tahun ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya