Motor Listrik Kebanggaan Indonesia Bakal Muncul Versi Murahnya
- 100kpj
VIVA – Motor listrik buatan anak bangsa, Gesits telah meluncurkan produk pertamanya di pameran Indonesia International Motor Show atau IIMS 2019 lalu. Namun, kendaraan yang secara tampilan menyerupai Honda Vario tersebut dibanderol cukup mahal, yakni Rp24 jutaan, on the road Jakarta.
Menariknya, untuk menjangkau lebih banyak konsumen, PT Wika Industri Manufaktur (WIMA) selaku produsen motor Gesits bakal meluncurkan produk baru dengan harga lebih murah.
“Di generasi berikutnya kita sudah mulai bermain di pasar motor listrik di bawah ini (produk Gesits pertama). Mungkin di pasar (kelas) B dan C,” ujar Direktur Utama WIMA, M. Samyarto, dikutip VIVA Otomotif dari Antara, Jumat 15 Oktober 2021.
Sayangnya, dia tak menjelaskan lebih detail mengenai dua calon produk barunya tersebut. Hanya saja, dia memastikan, satu kendaraan itu akan hadir pada akhir 2021, sementara yang lainnya sedikit lebih telat, yakni awal 2022.
Bukan hanya itu, Samyarto juga mengatakan, salah satu dari keduanya sudah selesai diuji coba dan hanya menunggu waktu sampai benar-benar dikenalkan kepada publik.
"Kemarin satu varian sudah lulus uji dan satu varian masih nunggu," terangnya.
Dengan demikian, dia berharap, kehadiran dua motor listrik baru tersebut akan memperkaya pilihan para konsumen Indonesia yang hendak memiliki kendaraan berbasis elektrik dengan banderol yang lebih terjangkau.
Gesits Targetkan Jual 7 Ribu Motor Listrik Setahun
Lebih jauh, Samyarto menambahkan, hingga Oktober 2021 pihaknya telah menjual 2.800 unit motor listrik ke konsumen. Dia berharap, pandemi yang mulai reda, ditambah dengan kehadiran produk di akhir tahun, Gesits mampu menembus target penjualan hingga 7 ribu kendaraan.
"Sampai di Q3 tahun ini kami sudah berhasil menjual sebanyak 2.800 unit, dan kami akan targetkan tembus di angka 5.000 hingga 7.000 unit sampai akhir tahun," tuturnya.
Sebagai upaya mencapai target tersebut, pihaknya aktif menghadirkan distributor baru di setiap daerah, dengan harapan bisa memompa penjualan tidak hanya di pusat, melainkan juga di daerah.
"Memang selama ini Gesits masih banyak bermain di fleet. Ritelnya kita akan terus kembangkan dan sangat besar peluangnya untuk saat ini. Kami sudah kembangkan distributor di beberapa wilayah Indonesia, kami harap bisa mendorong penjualan untuk mencapai target itu," kata dia.