Honda PCX 160 Resmi Meluncur, NMax Kalah Kencang
- Honda Jepang
VIVA – Honda PCX baru resmi diluncurkan di Jepang, motor ini mengusung banyak ubahan pada mesin. Salah satunya, kapasitas yang naik menjadi 156cc.
Dilansir VIVA Otomotif dari laman resmi Honda Jepang, Rabu 9 Desember 2020, Honda PCX 160 hadir dengan desain lampu utama anyar. Bentuknya kini lebih mengotak, terutama di bagian atas sayap.
Dimensi Honda PCX baru ini lebih panjang 12 milimeter, tapi lebarnya berkurang 5 mm dan lebih rendah 2 mm. Jarak sumbu roda bertambah 2 mm agar lebih stabil, karena performa mesin yang meningkat. Meski demikian, bobot hanya bertambah 1 kilogram saja.
Honda memasang mesin satu silinder dengan kode KF47E, yang memiliki kapasitas asli 156cc dan didukung empat katup. Proses pembuatan mesin memakai teknologi baru, yang bisa mereduksi panas lebih cepat.
Dengan angka kompresi 12:1, tenaga yang dihasilkan mencapai 15,8 daya kuda dan torsi maksimum 15 Newton meter. Angka ini lebih besar dari pesaingnya, Yamaha NMax yang mesinnya bisa mengeluarkan 15 daya kuda serta torsi 13,9 Newton meter.
Mesin PCX baru memakai teknologi enhanced Smart Program Plus atau eSP+, yang sebelumnya sudah diterapkan pada Honda SH150i. Honda juga tetap menghadirkan PCX 125, yang disematkan teknologi sama pada mesinnya.
Sistem pengereman menggunakan cakram di kedua roda, dan pada sektor depan ditambahkan anti-lock braking system atau ABS untuk memastikan roda tidak mengunci saat harus melakukan pengereman mendadak.
Fitur canggih lain yang ditanamkan pada kedua tipe Honda PCX ini, adalah kontrol traksi yang diberi nama Honda Selectable Torque Control. Fungsinya mencegah roda kehilangan traksi, saat melaju di jalanan licin.
Pada waktu yang bersamaan, Honda juga memamerkan PCX 160 Hybrid, yang menggunakan teknologi ACG Starter untuk menambah performa kuda besi melalui arus listrik yang disimpan di baterai.
Meski sudah resmi diperkenalkan dan dibuka selubungnya, namun tiga motor ini baru akan mulai dijual secara resmi pada akhir Januari 2020.