Setelah Honda Genio Hadir, Bagaimana Nasib Scoopy?
- VIVA/Septian Farhan
VIVA – PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan skuter matik baru bernama Honda Genio. Tunggangan yang mengusung tampilan casual fashionable itu dirancang untuk konsumen dari kalangan milenial atau generasi muda.
Secara tampilan, lekuk tubuh skutik bertenaga 110cc itu terlihat menyerupai Scoopy. Hanya saja setangnya dibuat tertutup, sehingga tampak lebih sporty dan juga elegan.
Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Wijaya, menyatakan, meski secara bentuk terbilang mirip, namun kehadiran Genio tidak akan membunuh pasar Scoopy. Sebab, menurut dia, kedua produk Honda tersebut menyasar kalangan berbeda.
“Kami pastikan tidak ada kanibalisme antara Genio dan Scoopy. Kita sama-sama menyaksikan bahwa Genio dihadirkan khusus untuk segmen entry-level, salah satunya pelajar. Sementara scoopy itu lebih ke arah pride. Maka harganya juga berbeda,” ujar Thomas di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.
Selain itu, perbedaan mendasar antara keduanya terletak di grafis bodi kendaraan. Dikatakan Thomas, Genio tampil lebih kasual dengan guratan satu strip yang mengandalkan dua kombinasi warna. Sehingga cocok ditunggangi kaum muda untuk penggunaan harian.
Hal tersebut berbanding terbalik dengan tampilan Scoopy, yang menurut Thomas, lebih ke arah prestise dan juga mewah.
PT AHM sendiri sudah mulai memasarkan Honda Genio ke seluruh wilayah di Indonesia. Saat ini, tersedia dua tipe dengan 11 pilihan warna berbeda. CBS dibanderol seharga Rp17,2 juta, sementara CBS-ISS sedikit lebih mahal, yakni Rp17,7 juta. Keduanya berstatus on the road Jakarta. (ren)